Saat memulai sebuah bisnis, salah satu yang harus Anda antisipasi adalah masalah legal. Jika sampai masalah legal muncul, mungkin Anda akan terkejut melihat betapa rumit dan merugikannya permasalahan tersebut. Pahami masalah legal dengan mengenal beberapa masalah hukum yang paling umum dihadapi sebuah bisnis:

1. Karyawan yang tidak puas

Sebagai pemilik bisnis, ini akan menjadi salah satu permasalahan hukum yang paling umum. Jika Anda menghentikan karyawan yang kinerjanya tak memuaskan, pastikan ia menandatangani dokumen yang dirancang dengan hati-hati oleh seorang pengacara saat penghentian, untuk membuat persyaratan penghentian menjadi jelas. Membiarkan seorang karyawan pergi tanpa formulir penghentian akhir, membuat pintu terbuka lebar untuk tindakan hukum.

2. Kasus diskriminasi/ pelecehan

Dampak hukum atas dugaan diskriminasi – masalah seksual, etnis, usia atau lainnya, dapat menyebabkan masalah serius bagi perusahaan Anda. Pastikan bagian SDM Anda memiliki hukum dan aturan yang lengkap untuk menangani masalah ini jika muncul.

Untuk mencegah terjadinya kasus ini, ada baiknya juga Anda menilik dengan detail resume para pemohon, untuk memastikan bahwa Anda mempekerjakan individu yang baik dan berkualitas, tanpa memandang jenis kelamin, etnis, atau usia.

Lakukan pertemuan rutin untuk mengawasi hubungan rekan kerja dan memastikan bahwa diskriminasi dalam skala yang kecil pun tidak terjadi. Pertemuan rutin dan wawancara dengan staf juga dapat membuat manajer mengatasi pelanggaran seperti pelecehan seksual terselubung, yang harus segera ditindak dengan cepat, karena membahayakan citra publik perusahaan Anda.

3. Hak cipta dan masalah paten

Pada tahap pengembangan produk di perusahaan Anda, pastikan tim riset dan pengembangan Anda benar-benar meneliti paten dan hak cipta produk Anda saat ini, untuk menghindari pertempuran hukum yang kacau jika Anda menginjak kaki pesaing.

4. Pelanggan yang tidak puas

Pelanggan yang tidak puas dapat mengajukan tuntutan hukum terhadap perusahaan Anda. Bayangkan jika mereka bersatu membentuk kelompok konsumen yang besar dan menyerang perusahaan Anda karena produk, layanan atau janji yang salah. Jika ini terjadi, tuntutan hukum dapat melukai brand image Anda dan sulit untuk diperbaiki lagi.

Sekali lagi, bersikap proaktif dan jagalah pelanggan Anda. Segera lakukan penarikan kembali produk yang cacat dan bersiap untuk mengatasi masalah pelanggan.

5. Masalah Hukum Lainnya

Masih banyak masalah hukum yang bisa terjadi jika Anda lalai, termasuk masalah pajak dan perselisihan hukum dengan pesaing dan kontraktor. Pastikan Anda proaktif dalam memecahkan masalah ini sebelum memulai, dan pastikan Anda memiliki tim hukum yang solid untuk mendukung Anda jika Anda dituntut.

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.