Perbaikan berkelanjutan bukan sekadar kredo atau pemahaman konsep. Continuous Improvement (CI) merupakan aksi nyata, tindakan konkrit mewujudkan visi masing-masing perusahaan. Karena sifatnya yang nyata, konkrit dan terukur sebagai problem solving maka CI dapat diperbandingkan dan diungkapkan pencapaiannya.

Majalah Shift Indonesia sebagai satu-satunya media operational excellence guide di Indonesia, mengapresiasi pencapaian perusahaan terkait perbaikan berkelanjutan melalui penghargaan project improvement pada event OPEXCON16, Operational Excellent Conference & Award 2016.

SHIFT Essentials 2016-03

OPEXCON16 diikuti perusahaan-perusahaan di Indonesia yang menjalakan improvement pada aspek operational dan proses industri. Shift memberikan penghargaan atas pencapaian perusahaan di tiga sektor industri: manufaktur, service dan pertambangan dan energi.

Pendaftaran peserta OPEXCON16 ditutup pada 31 Agustus lalu. Tercatat 52 perusahaan mendaftarkan sekitar 83 project improvement untuk diseleksi dan dinilai oleh dewan juri OPEXCON16. Dewan Juri antara lain Ari Samadi ITB, Gembong Baskoro dari Swiss German Uniersity, Dion Dewa Barata dari Unieversitas Pembangunan Jaya.

Dewan juri akan memilih 21 Finalis di tiga kategori. Proyek yang dikompetisikan antara lain Metode Lean, Six Sigma, QCC, Kaizen, PDCA, VSM, dsb. Tahap penjurian meliputi penyisihan dan seleksi final.

Penilaian pemenang penghargaan meliputi metodologi dan analisis 35%, hasil perbaikan yang dicapai 35%, serta kerjasama tim solusi dan adataptabilitas 20%. Pemenang Operational Excellence Project Competition akan menampilkan presentasi, kiat menjalankan metode improvement sebagai solusi inovasi.

OPEXCON16 yang akan diadakan pada Selasa 11 Oktober 2016 di JW Marriot Hotel, Kuningan Jakarta, turut mengundang sejumlah praktisi operational excellence, asosiasi organisasi bisnis serta pegiat opex. Tiga sesi utama yang menjadi benefit audience OPEXCON16:

  • Practitioner Sharing session oleh praktisi yang terbukti berhasil menjalankan solusi dan aplikasi di perusahaan.
  • Indonesia Economic and Industrial Outlook, dikaji dan disampaikan oleh ahli ekonomi  untuk mengetahui prediksi ekonomi dan dunia industri Indonesia 2017.
  • “Talkshow: Operational Excellence In Digital Era”, program konferensi yang menawarkan panel interaktif bersama pemimpin asosiasi industri, kementerian, dan akademisi.

Revrison Baswir sebagai salah satu ekonom terkemuka di Indonesia akan membawakan materi Indonesia Economic and Industrial Outlook. Media partner OPEXCON16 antaralain: Media Indonesia, Tabloid Kontan, Majalah Tambang, Indonesia Industry, What’s New Jakarta, SME, KIS FM, LITE FM, PAS FM, dan Sindo Trijaya FM.

Sampai saat ini audience yang berpartisipasi dalam OPEXCON16 sejumlah 35 orang yang mewakili 10 perusahaan terkemuka di Indonesia. Dua Perusahaan telah mendaftar dan mendapatkan dua roundtable, sedangkan enam perusahaan mengirimkan 15 orang perwakilan pada pendaftaran reguler. Audience terdiri dari dua kelompok yaitu roundtable dan reguler. Informasi lebih lanjut tentang event bergengsi OPEXCON16 bisa dilihat di www.opexcon.com []

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.