Pada artikel sebelumnya, Anda telah mengetahui bagaimana proses eksplorasi ke “lapangan” langsung untuk melihat langsung terjadinya permasalahan dalam perusahaan, khususnya dalam industri perbankan. Tertarik untuk mengeksplorasi gagasan tentang Gemba Walk agar masalah yang terjadi dapat terselesaikan dan teridentifikasi dengan baik? Prinsip berikut dapat membantu Anda memulai Gemba Walk:

1. Mulailah dengan tujuan yang jelas:
Gemba Walk yang paling efektif memiliki tujuan atau fokus yang jelas. Karena tidak mungkin untuk mengamati keseluruhan pengalaman pelanggan, Anda dapat fokuskan pada elemen tertentu yang perlu perbaikan.

Dalam konteks perbankan, Anda dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi transaksi rutin; mengevaluasi seberapa efektif manajer menangani interaksi dengan klien; atau mencari peluang untuk berinteraksi dengan pelanggan. Serahkan usaha Anda untuk fokus dengan menempatkan mereka di sekitar pertanyaan atau masalah tertentu.

2. Fokus pada pemborosan (waste):
Salah satu cara untuk segera mengumpulkan nilai dari Walk adalah melihat tujuh jenis pemborosan dengan pemikiran Lean, misalnya over-produksi, over-processing, terlalu banyak persediaan, cacat, penundaan, pengangkutan, gerak, dan hilangnya kreativitas.

Bagi perusahaan jasa keuangan dan perbankan, risiko terbesar meliputi penundaan transaksi, overprocessing dengan menghabiskan waktu pelanggan untuk hal-hal yang tidak perlu, kehilangan kreativitas saat staf mengikuti proses hafalan, dan mengeluarkan energi di tempat yang salah. Begitu Anda mengidentifikasi masalahnya, mungkin Anda dapat mencari dan menerapkan solusinya dengan baik dan tepat sasaran.

3. Menyiapkan waktu untuk tindak lanjut:
Penting untuk menyiapkan waktu untuk merekam, menganalisis, dan mengkomunikasikan apa yang Anda temukan setelah jalannya selesai. Sesaat dan setelah melakukan Gemba Walk, pastikan Anda memiliki waktu untuk mencatat apa yang Anda amati. Dedikasikan satu blok waktu dalam jadwal Anda untuk menganalisis hasilnya dan memikirkan bagaimana wawasan ini terhubung ke keseluruhan prioritas strategis Anda.

Selanjutnya, komunikasikan wawasan Anda kepada tim kepemimpinan Anda sebagai bagian dari usaha perbaikan terus-menerus dan dengan individu yang membutuhkan umpan balik berdasarkan apa yang Anda amati. Menyediakan waktu yang diperlukan akan memastikan bahwa investasi Gemba Walk Anda menghasilkan hasil yang nyata di tingkat bisnis.

Mengelola pengalaman pelanggan merupakan bagian penting dari perusahaan perbankan. Strategi berpikir bersandar, seperti Gemba Walk, dapat membantu Anda mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan terbaik.

Apakah Anda memerlukan bantuan untuk menentukan pendekatan apa yang tepat untuk Anda? Hubungi SSCX International hari ini untuk mengetahui lebih jauh bagaimana kami dapat membantu Anda dengan tantangan strategis perusahaan Anda!

sscx
Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.