Selama ini kita selalu membicarakan bagaimana Kaizen dapat melakukan perbaikan pada perusahaan, bagaimana Kaizen dapat memperbaiki proses produksi. Namun tahukah Anda bahwa Kaizen juga bisa melakukan perbaikan pada kehidupan personal Anda?

Kaizen fokus pada perbaikan. Sebuah filosofi dari kesabaran dan perubahan konstan untuk menjadi lebih baik sedikit demi sedikit. Perbaikan dari aktivitas dan proses, mencari pemborosan yang dapat dieliminasi, membuat Kaizen menjadi sebuah praktik yang efektif dalam sektor logistik, purchasing, rantai pasokan, perakitan, juga bidang yang berkaitan dengan layanan jasa seperti pelatihan, psikoterapi, perbankan, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Bagaimana menerapkan Kaizen dalam kehidupan pribadi?

Memahami konsep Kaizen adalah hal pertama yang harus Anda lakukan untuk dapat melihat kemampuannya yang menakjubkan untuk mengembangkan pertumbuhan personal Anda. Jika Anda menyadari bahwa manusia pada dasarnya tidak menginginkan perubahan, di sinilah Anda dapat melihat manfaat Kaizen dalam kehidupan Anda. Sebuah perbaikan yang perlahan tapi pasti dalam kehidupan personal Anda yang memulai perjalanan Anda untuk menjadi seseorang yang lebih baik.

Jadi, bagaimana memulainya?

Pertama, pahami dengan jelas tujuan Anda dan fokus arah yang Anda kehendaki untuk perubahan diri. Proyeksikan idealisme dan mimpi Anda. Mimpi Anda terlalu besar? Bagus! Jangan terintimidasi dari besarnya impian Anda. Langkah selanjutnya, sederhanakan impian besar tersebut menjadi porsi-porsi kecil yang sederhana dan memungkinkan untuk dilakukan. Buat daftar kegiatan sehari-hari Anda dan temukan apa, di mana, dan bagaimana Anda bisa lebih efisien dalam rutinitas. Anda bisa melakukan ini dengan menganalisa praktik-praktik yang Anda lakukan, misalnya cara Anda membalas email, berapa lama Anda bersiap untuk bekerja, bagaimana Anda menghabiskan waktu dalam sehari untuk menyelesaikan tugas-tugas.


Luangkan waktu untuk memantau perkembangan-perkembangan kecil yang Anda lakukan. Tinjau ulang. Jujurlah pada diri sendiri saat melihat kebiasaan mana yang harus ditinggalkan karena tidak membuat diri Anda berkembang.

Tetap positif dan ucapkan selamat pada diri Anda saat mencapai sebuah perubahan kecil. Pahami bahwa Kaizen terdiri dari “gol-gol kecil” dan Anda harus merayakan pencapaian-pencapaian kecil tersebut, meskipun Anda baru hanya berhasil menghemat sejumlah kecil uang, atau berhasil mengurangi konsumsi gula bulan ini. Pastikan tujuan telah ditetapkan dengan jelas, tak peduli seberapa kecilnya itu, dan beri penghargaan pada diri Anda saat Anda berhasil mencapainya.

Sekali Anda melihat hasilnya meskipun kecil, tetaplah fokus pada tujuan Anda dan buat gol besar Anda menjadi lebih spesifik. Ini akan membuat Anda berkonsentrasi dalam melakukan upaya untuk pencapaian dengan cara yang lebih mudah. Misalnya, jika gol Anda adalah untuk menjadi pemimpin yang lebih baik lagi di perusahaan, pikirkan pencapaian yang lebih spesifik tentang itu, misalnya, bagaimana kepemimpinan Anda bisa meraih hasil tersebut. Fokus yang spesifik itu dapat memudahkan Anda mengukur progres yang Anda lakukan setiap harinya. Progres yang dapat Anda lihatpun dapat meningkatkan motivasi Anda untuk terus melakukannya hingga misi tercapai.

Hal terakhir yang harus Anda lakukan: konsisten. Ini mungkin hal yang paling sulit dilakukan karena Anda dapat dengan mudah kembali ke perilaku lama. Keajaiban Kaizen datang dari perubahan-perubahan yang terjadi secara bertahap. Namun jangan terlalu keras pada diri sendiri, terimalah kenyataan bahwa manusia terkadang melakukan kesalahan. Namun Anda selalu bisa kembali pada jalur Anda dan melanjutkan misi Anda untuk mencapai tujuan. Anda akan menyaksikan pelan-pelan bahwa hasilnya setimpal dengan upaya keras yang Anda lakukan.

Sumber: David Kiger, pendiri dan chief executive officer Worldwide Express

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.