Perbaikan berkelanjutan diperlukan untuk mewujudkan operational excellence kunci sukses transformasi human capital yang mendorong seseorang menjadi pemimpin perusahaan sejati.

Majalah SHIFT menyelenggarakan seminar sehari di Hotel JW Marriot “Create a True Leader In a Company” 2016. Dua narasumber berkompeten memandu jalannya kegiatan sedari pagi sampai sore. Boedi Santoso, Director HCM, IT, Bussiness Excellence & Process Improvement PT Aerofood Indonesia, Garuda Indonesia Group mengetengahkan materi tentang mewujudkan pemimpin sejati di dalam perusahaan. Narasumber kedua, Marissa Hapsari, Fortia Strategic Partner memberikan materi tentang strategi transformasi sumberdaya manusia.

Seminar sehari tersebut diikuti oleh 32 direktur dan manajer human resource perusahaan-Perusahaan terkemuka di Indonesia yang bergerak di berbagai sektor industri. Perusahaan manufaktur nampak paling banyak. Pemimpin Redaksi Majalah SHIFT, Reiko Nishio Yanagita mengapresiasi antusiasme perusahaan mengikuti seminar dan workshop leadership. “Kehadiran dan partisipasi para pemimpin perusahaan hari ini menunjukkan kesiapan mereka menghadapi tantangan human capital di tengah penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” ungkapnya.

Di awal sesi, Boedi Santoso mengahantarkan peserta seminar tentang pemahaman tugas pemimpin perusahaan menciptakan calon-calon pemimpin berkompeten. Bagi Boedi, menciptakan seorang pemimpin sejati di dalam perusahaan merupakan pengalaman keseharian yang tak bisa dihindari. Ia berbagi pengalaman di Garuda Indonesia Group yang berhasil melakukan transformasi sumberdaya manusia.

“Tugas kita adalah create true leader in company, bagaimana menciptakan ruang bemain bagi anak-anak kita, tim kita untuk menunjukkan kreativitas, walaupun awalnya kita yang mendikte mereka,” tegasnya. Seorang pemimpin tidak mendadak ada, namun terlahir dari tahapan telling, selling, participating dan delegating. Pun, operational excelent dan perbaikan terus menerus dalam perusahaan menjadi faktor menentukan menciptakan seorang pemimpin.

Boedi sebagai pimpinan di PT Aerofood Indonesia memberikan contoh melakukan pemetaan, antisipasi dan prediksi human capital untuk mencapai target perusahaan. Perusahaan tempatnya mengabdi saat ini berhasil menjadi juara I OPEXCON 2015, sebuah event yang diselenggarakan SSCX International di Indonesia. OPEXON award merupakan apresiasi yang diberikan kepada perusahaan di Indonesia yang berhasil menerapkan prinsip lean manajemen, continous improvement dan operational excellence.

Perusahaan berhasil menciptakan inovasi di bagian diswashing, efektifitas proses pencucian peralatan dan perlengkapan makanan di pesawat terbang. Perbaikan proses dilakukan dengan mengubah cara dan urutan kerja, membongkar dengan posisi yang lebih baik. Tak heran jika PT Aerofood berhasil menghemat sampai Rp.44,5 Milyar dari perbaikan proses dan alur kerja tersebut. []

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.