Pernahkah Anda merasa Anda harus melakukan semua pekerjaan, dan tak ada orang yang tepat untuk dapat melakukannya selain Anda sendiri? Artinya Anda adalah pemimpin atau manajer yang bertanggung jawab, berintegritas, dan berkomitmen tinggi terhadap pekerjaan Anda. Namun hati-hati, di sisi lain hal tersebut dapat membuat Anda kewalahan dan menyulitkan diri sendiri.

Bagaimanapun juga, mendelegasikan pekerjaan terkadang penting untuk dilakukan dan menjadi sebuah pilihan yang baik. Delegasi merupakan proses yang sangat penting untuk menjalankan pekerjaan secara sistematis dalam organisasi. Namun demikian, delegasi bukan berarti memberikan seluruh pertanggungjawaban.

Akuntabilitas tetap terletak pada manajer meskipun dia telah mendelegasikan atau memberikan target ini kepada bawahan. Seorang manajer harus tetap yang bertanggung jawab kepada hasil akhir secara keseluruhan, dan tetap dapat mengawasi apakah pekerjaan berjalan dengan benar.

Inilah pentingnya delegasi:

1. Manajemen yang efektif.
Saat Anda memberikan pekerjaan rutin kepada bawahan, Anda dapat berkonsentrasi pada hal penting lainnya. Sehingga seluruh pekerjaan terselesaikan dengan efektif dan efisien.

2. Pengembangan karyawan
Karyawan yang diberikan delegasi akan mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk memanfaatkan keahlian dan mengembangkan keterampilan dengan melakukan tugas yang lebih kompleks.

3. Memotivasi karyawan
Saat karyawan mendapat kepercayaan yang ditunjukkan kepada atasan mereka, mereka akan menganggapnya sebagai tantangan baru termotivasi untuk menyelesaikannya dengan baik.

[cpm_adm id=”11945″ show_desc=”no” size=”medium” align=”left”]
4. Memfasilitasi pertumbuhan organisasi
Pendelegasian tugas membuat Anda mampu melihat kualifikasi dan kemampuan semua bawahannya. Ini mempengaruhi pembagian kerja yang baik dan spesialisasi yang sesuai bagi pertumbuhan organisasi ke depannya.

5. Dasar hirarki manajemen
Tingkatan yang didelegasikan kepada bawahan memutuskan siapa yang akan melapor kepada siapa, dan kekuatan pada setiap posisi pekerjaan tersebut membentuk hirarki manajemen.

6. Koordinasi yang lebih baik
Dalam pendelegasian tanggung jawab dan wewenang secara sistematis. Pembagian kerja sistematis ini memberikan gambaran kerja yang jelas kepada semua orang dan tidak ada duplikasi kerja antara karyawan yang diberikan tugas.

7. Menciptakan kepercayaan antara manajer dengan bawahan
Saat atasan berbagi atau menyerahkan tanggung jawab dan wewenang kepada bawahannya, hal itu menunjukkan hubungan baik antara atasan dan bawahan.

8. Mengurangi beban kerja manajer
Terakhir, tentu saja beban kerja akan menjadi lebih ringan, Anda pun dapat berkonsentrasi pada pekerjaan penting lainnya. Tanpa adanya delegasi tentu Anda akan sangat terbebani untuk dapat menyelesaikan seluruh pekerjaan.

Saat memulai hari Senin ini, mengapa Anda tidak melihat beban pekerjaan Anda seminggu ke depan, dan mulai merencanakan pendelegasian beberapa pekerjaan pada karyawan yang tepat?

Selamat hari Senin, selamat beraktivitas!