JAKARTA, 15 November 2017 – Mobil Lubricants hari ini menyelenggarakan Seminar Turbin sebagai wadah diskusi tentang solusi-solusi pelumasan yang tepat untuk membantu para pelaku industri kelistrikan memahami dan mengatasi tantangan bisnis di Indonesia. Pelaksaan kegiatan ini sejalan dengan agenda pemerintah mengenai pencapaian target pasokan listrik sebesar 99.7% dan pembangunan 80.5 GW pembangkit listrik hingga tahun 2025 tertuang dalam Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2016 – 2025 yang dikeluarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada bulan Juni 2016 lalu.

Selama seminar berlangsung, Mobil Lubricants juga memperkenalkan Mobil DTE™ 932 GT sebagai pelumas mesin turbin dengan performa tinggi yang dirancang khusus agar dapat memperpanjang dan meningkatkan keandalan kinerja turbin. Bertepatan dengan momentum tersebut, Mobil Lubricants juga menghadirkan Mobil DTE™ 732 M, salah satu produk mutakhir dari jajaran pelumas premium Mobil DTE™ yang telah melayani industri pembangkit energi di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun.

“Selama lebih dari 100 tahun, jajaran produk pelumas Mobil Lubricants selalu dipilih dan digunakan oleh banyak operator mesin turbin di dunia,” ungkap Colin Cui, General Manager Industrial Lubricants, ExxonMobil Lubricants Indonesia. “Selama kurun waktu tersebut, para ilmuwan dari perusahaan kami selalu mempertahankan hubungan yang baik dengan mereka guna memaksimalkan manfaat pelumas berperforma tinggi dapat tetap mereka rasakan, seperti perpanjangan usia peralatan dan interval pergantian pelumas serta berkontribusi meningkatkan keselamatan dan produktivitas selama kegiatan operasional,” tambah Colin.

Mengingat bahwa hampir 10% dari total penduduk di Indonesia tidak mendapat akses aliran listrik dan masih banyak masyarakat yang sering mengalami ganguan pasokan listrik, tidak mengherankan jika perluasan jaringan pembangkit tenaga dan transmisi serta jaringan distribusi menjadi prioritas yang juga menjadi tantangan besar. Pada tahun 2025, pemerintah Indonesia menargetkan untuk dapat memberikan akses listrik kepada seluruh masyarakat Indonesia (Peraturan Pemerintah No. 79/2014 tentang Kebijakan Energi Nasional).

“Kami berkomitmen untuk mendukung pembangkit energi dapat terus beroperasi, mengingat tingginya biaya yang akan dikeluarkan saat downtime yang juga bisa menyebabkan gangguan pasokan listrik,” jelas Deni Setiawan, Indonesia Power Sector Manager, ExxonMobil Lubricants Indonesia“Oleh karena itu, kami percaya formulasi seimbang dari Mobil DTE™ 932 GT dapat menjaga kinerja mesin turbin tetap bersih yang dikombinasikan dengan oksidasi tingkat tinggi dan stabilitas termal sehingga membantu memperpanjang performa dan keandalan kinerja mesin turbin,” pungkas Deni.

Selain itu, Mobil DTE™ 932 GT mampu memenuhi persyaratan dari turbin gas modern dimana produk ini dapat digunakan baik sebagai pelumas bantalan turbin maupun untuk kontrol hidrolik. Kemampuan menjaga kebersihan (keep-clean) yang paling terdepan dari Mobil DTE™ 932 GT, dikombinasikan dengan tingkat oksidatif dan stabilitas termal dapat memperpanjang dan  meningkatkan kemampuan  turbin. Mobil DTE™ 932 GT juga dirancang untuk memenuhi standar untuk turbin General Elektrik frame 3, 5, 6, 7 dan 9 dengan bantalan poros umum dan tangki penampung cairan hidrolik.

Selain itu, Mobil DTE™ 732 M yang merupakan pelumas turbin dengan kualitas luar biasa, telah memenuhi dan melampaui persyaratan kualitas tertinggi yang ditetapkan oleh Mitsubishi Heavy Industries, Ltd. Pelumas ini sudah lulus uji spesifikasi MS04-MA-CL005 yang ketat dari MHI dan juga berarti memenuhi persyaratan perlindungan MHI untuk penggunaan turbin jangka panjang dan pada temperatur tinggi.

Tidak hanya berdiskusi mengenai Mobil DTE™ 932 GT and Mobil DTE™ 732 M, selama seminar berlangsung Mobil Lubricants juga membahas mengenai Mobil Serv Lubricant Analysis (MSLA) yang secara khusus menganalisis turbin gas dan uap. “MSLA akan memonitor turbin dan mendeteksi kondisi pelumas jika terjadi kontaminasi serta keausan dini,” papar Arief Kusniarto, Indonesia Engineering Service Manager, ExxonMobil Lubricants Indonesia. “Analisis turbin dapat diaplikasikan pada turbin gas dan uap baik yang digunakan terus menerus atau berperiode. Pelayanan ini juga termasuk pada pengujian untuk meningkatkan kualitas turbin dengan cara memonitor kebersihan sistem dan kinerja pelumas,” tambah Arif.

Mobil Lubricants akan terus membantu pembangkit listrik memiliki kinerja yang efisien dan maksimal dengan menghadirkan berbagai pelumas dan layanan premium bagi mesin turbin yang dirancang untuk memberikan kontrol deposit guna memastikan kinerja turbin berjalan tanpa gangguan dan masa pakai yang lebih panjang. Didukung oleh berbagai hasil kinerja di lapangan yang telah terbukti, Mobil Lubricants berkomitmen untuk dapat membantu meningkatkan produktivitas mesin turbin untuk operasional yang lebih andal.