Keterangan foto: Faisal Basri saat Talkshow Economic Outlook Indonesia 2015 pada Opexcon14
Keterangan foto: Faisal Basri saat Talkshow Economic Outlook Indonesia 2015 pada Opexcon14

TRANSFORMATION FOR COMPETITIVENESS

Sharing Best Practices dan Case Studies dari Pembicara Pilihan

Ada banyak hal yang bisa didapatkan oleh peserta Opexcon15 yang sebagian besar adalah para change agent di bidang business process improvement ini. Selain menjadi ajang networking dan bisnis, juga menjadi sumber insight dan ide baru yang bisa peserta implementasikan ke dalam bisnis dan perusahaannya. Konferensi menghadirkan pemaparan berbagai best practice dan juga case study dari para pemimpin perusahaan di Indonesia dengan total lebih dari 100 tahun pengalaman yang mereka miliki.

Opexcon15 menghadirkan pembicara-pembicara pilihan yang dikemas dalam konsep fireside chat dengan dipandu oleh Dax Ramadani, Associate Director dari SSCX International. Juga sesi khusus bersama pengamat ekonomi Faisal Basri tentang prediksi ekonomi Indonesia di tahun 2016. Berikut ringkasan pembahasan yang disampaikan oleh para pembicara Opexcon15:

Our Transformation Story – Federal Oil

Patrick Adhiatmadja (1)

 

 

 

 

 

 

 

Patrick Adhiatmadja, President Director PT Federal Karyatama

Merek dagang Federal Oil, bagi banyak orang mungkin lebih dikenal sebagai oli resmi dari semua merek motor Honda. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, ternyata merek Federal Oil bukan hanya menjadi oli khusus bagi sepeda motor Honda saja. Transformasi yang dilakukan Federal Oil untuk keluar dari image ‘anak emas’ Honda membuatnya bukan hanya berhasil membukukan profitabilitas yang gemilang, namun juga dinobatkan sebagai The Best Corporate Transformation 2015. Patrick Adhiatmadja, President Director Federal Oil secara khusus memaparkan bagaimana perjalanan transformasi yang dilalui Federal Oil. Perubahan strategi, pembenahan struktur organisasi hingga pengembangan sumber daya manusia ikut mewarnai perjalanan transformasi di Federal Oil. Patrick juga menyampaikan key factors yang harus dimiliki perusahaan untuk bisa sukses melakukan perubahan di dalam organisasi.

Better in Service Delivery – Bank Mandiri

Herry Rukmana

 

 

 

 

 

 

 

 

Herry Rukmana, SVP Credit Operations Bank Mandiri

Bank Mandiri pernah sukses mempertahankan prestasi sebagai The Best Bank Service Excellence empat kali berturut-turut sejak tahun 2008. Prestasi yang diraih Bank Mandiri bukanlah hal yang didapat secara instan. Bank Mandiri memiliki program transformasi bertahap yang dimulai sejak tahun 2005. Salah satu dalam program transformasi tersebut, adalah implementasi budaya. Hal ini tercermin dari Credit Operations Group Bank Mandiri. Di bawah kepemimpinan Herry Rukmana, salah satu divisi operations tersebut berhasil menjadi The Best Group Division di Bank Mandiri. Untuk menghilangkan gap antara employee dan company, upaya yang dilakukan Herry Rukmana adalah dengan membangun grand architecture yang berlandaskan pada operational excellence melalui penanaman performance culture.

Surviving Commodity Challenges in Mining Industry– Hexa Sinergi Nusantara

Tato Miraza

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tato Miraza, Chairman Hexa Sinergi Nusantara

Sebagai former CEO PT Aneka Tambang, Tbk, Tato Miraza memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di dunia mining. Berbekal pengalamannya tersebut, dalam sesi konferensi, ia memaparkan empat key strategies yang menjadi bekal perusahaan mining di Indonesia agar mampu bertahan dan menghadapi berbagai tantangan yang ada dalam industri ini.

Changing People: One Bus At a Time – TRANSJAKARTA

Antonius Kosasih (1)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Steve Kosasih, CEO PT Transportasi Jakarta

Sebagai perusahaan transportasi publik yang berada di bawah pengawasan Dinas Perhubungan Pemerintah Propinsi DKI Jakarta, Transjakarta memiliki visi untuk menjadi perusahaan transportasi kelas dunia yang menjadi pilihan utama bagi mobilitas masyarakat DKI Jakarta. Sejak menjabat sebagai CEO Transjakarta satu tahun lalu, dalam Opexcon15 Steve Kosasih akan menyampaikan bagaimana perubahan di dalam Transjakarta dimulai saat ia pertama kali menjabat sebagai CEO. Change dan transformasi publik yang saat ini dialami oleh Transjakarta membutuhkan perubahan paradigma banyak stakeholders, termasuk pengguna transportasi. Juga bagaimana perubahan di internal melalui change leadership.

 

Possible 2016 Business Strategies and Case Studies – Fortia Strategic Partner

Wempi Sitepu

 

 

 

 

 

 

 

 

Wempi Sitepu – Managing Partner Fortia Strategic

Fortia Strategic Partner adalah boutique strategic management consulting firm yang berfokus pada peningkatan pertumbuhan berbagai perusahaan dan industri di Indonesia. Sebagai Managing partner yang telah berpengalaman dalam membantu berbagai perusahaan, terutama dalam corporate strategy, business development, dan supply chain, Wempi Sitepu akan mengupas bagaimana perjalanan transformasi berbagai perusahaan yang dikemas dalam bentuk case study.

Indonesia Economic Prediction 2016

Faisal Basri

 

 

 

 

 

 

 

 

Faisal Basri, Pengamat Ekonomi

Apakah Indonesia saat ini mengalami krisis?

Jawabannya ada di Opexcon15! Seperti pada Opexcon14 tahun lalu, pengamat ekonomi Faisal Basri kembali akan memberikan sebenarnya bagaimana kondisi ekonomi Indonesia saat ini dan bagaimana prediksi ekonomi di tahun 2016. Faisal Basri juga akan menyampaikan good news dan bad news bagi para pelaku bisnis dan industri di Indonesia. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi kondisi ekonomi Indonesia saat ini serta resiko yang akan dihadapi oleh para pelaku bisnis dan industri.***