Overall Equipment Effectiveness dan Cara Menghitungnya

OEE merupakan  “alat ukur” untuk mengetahui sedekat apa proses produksi Anda dengan proses yang sempurna. Proses yang sempurna adalah proses yang hanya menghasilkan output yang baik, dalam waktu secepat mungkin, tanpa ada down time. OEE adalah matriks yang sangat baik untuk mendapatkan patokan perkembangan dalam memperbaiki produktifitas manufaktur.

Overall Equipment Effectiveness atau biasa kita kenal dengan singkatan OEE adalah matriks yang mengidentifikasi presentase waktu produktif dari keseluruhan waktu yang digunakan untuk menyelesaikan aktifitas produksi. Nilai OEE yang mencapai 100% artinya produksi berjalan dengan sempurna dan produktifitasnya maksimum. Artinya, lini produksi hanya menghasilkan produk yang 100% baik, dalam waktu yang sangat cepat sesuai alokasinya, tanpa ada down time.

Cara Menghitung OEE

Nilai atau skor OEE dihitung dengan mempertimbangkan tiga faktor, yaitu:

  • Availability: waktu produksi sebenarnya, dibandingkan dengan waktu produksi yang direncanakan. Jika nilai Availability 100%, artinya proses selalu berjalan dalam waktu yang sesuai dengan waktu produksi yang telah direncanakan (tidak pernah ada down time).
  • Performance: artinya performa proses, apakah mampu memaksimalkan percepatan produksi. Jika nilai Performance 100%, maka proses telah berjalan dengan kecepatan maksimal (secara teoretis, berdasarkan Ideal Cycle Time dan Total Pieces).
  • Quality: berkaitan dengan defect dan scrap. Nilai 100% untuk Quality artinya produksi tidak menghasilkan produk cacat sama sekali.

Setiap faktor tersebut merepresentasikan perspektif yang berbeda mengenai seberapa dekat proses manufaktur Anda pada keadaan sempurna.

Lakukan Perhitungan Manual Lebih Dulu

Dengan melakukan perhitungan secara manual, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai OEE. Perhitungan ini relatif mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu memiliki tiga jenis data. Rumusnya adalah:

            OEE = (Good Pieces x Ideal Cycle Time) / Planned Production Time

Dengan tambahan dua data, yaitu Run Time dan Total Pieces, Anda juga bisa menghitung Availability, Performance dan Quality. Rumusnya adalah:

            Availability = Run Time / Planned Production Time
            Performance = (Ideal Cycle Time x Total Pieces) / Run Time
            Quality = Good Pieces / Total Pieces

Ketika pemahaman mengenai OEE telah Anda miliki, Anda akan mendapatkan keuntungan yang signifikan berkaitan dengan otomatisasi pengumpulan data. Sistem yang otomatis akan memberikan data down time yang lebih akurat, informasi yang lebih detail mengenai performance loss, matriks real time dan historikal, dan laporan yang lebih kaya.

Fokus pada Kerugian (Loss)

Menghitung OEE adalah permulaan dari program OEE, sekaligus menjadi pondasinya. Kekuatan dan keuntungan dari OEE yang sebenarnya datang dari pemahaman dan tindakan atas kerugian (loss) yang utama, yaitu Availability Loss, Performance Loss, dan Quality Loss.

  • Availability Loss: termasuk semua hal yang menghentikan produksi yang terjadwal, yang menyita cukup banyak waktu (biasanya beberapa menit). Misalnya, mesin macet, maintenance yang dilakukan diluar jadwal, kekurangan material, dan changeover.
  • Performance Loss: termasuk semua faktor yang menyebabkan proses berjalan lebih lambat daripada kecepatan maksimumnya (termasuk slow cycle dan small stops). Misalnya, interupsi penggunaan mesin, material yang tidak memenuhi standar mutu, dan kesalahan pemasangan.
  • Quality Loss: termasuk berkurangnya produktifitas dari salah satu bagian manufaktur yang tidak memenuhi standar kualitas setelah first pass (seperti dalam konsep first pass yield). Misalnya scrap dan part yang membutuhkan rework.

Ambillah langkah efektif untuk mengurangi kerugian tersebut dan nilai OEE Anda akan meningkat dengan sendirinya.***

Gambar: (c) ftx.asia

 

 

Ide dan Case Study Eksklusif
Dapatkan email berkala dari Shift dan SSCX mengenai ide, tips, strategi, artikel, berita terkait operational management!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah perusahaan Anda lebih baik lagi.

Dapatkan inspirasi bagaimana rumusan I x F x A = Result, atau cerita inspirasi mengenai change management. FREE!
Sama seperti Anda, kami membenci spamming. Situs ini dikelola oleh PT SSCX International.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>