image source: wikimedia commons

Oleh: Suwandi (Director, SSCX International)

Saya, sama seperti kebanyakan orang Indonesia, adalah penggemar masakan Padang. Sepertinya, masakanPadang bisa cocok di lidah orang Indonesia di manapun. Salah satu menu yang selalu membuat saya meneteskan air liur adalah Soto Padang. Dengan dendeng kering, kerupuk merah, dan perkedel, ditambah dengan kuah panasnya, siapa yang tahan tidak menikmatinya begitu disajikan.

Rasanya Soto Padang akan berkurang rasa enaknya tanpa perkedel yang dicampur ke dalam kuah soto (setidaknya menurut saya). Perkedel adalah elemen menarik dalam Soto Padang tersebut. Aktivitas continuous improvement atau operational excellence adalah komponen penting dari perusahaan kita yang akan menjadi pembeda antara saat ini dan kemarin, antara kita dan kompetitor, dan antara kepuasan pelanggan hari ini dan esok.

Nah, dalam menjalankan ini, active leadership engagement atau kepemimpinan secara aktif adalah salah satu kunci penting dalam menggerakkan inisiatif ini. Terlibat secara aktif dan fully committed adalah kata kuncinya. Sayangnya banyak dari top management merasa bahwa yang diperlukan hanyalah keterlibatan.

Apa perbedaan utama antara terlibat secara aktif di dalam aktivitas operational excellence dengan terlibat? Dalam cerita perkedel di atas, menurut buku-buku resep yang coba saya baca (ok, saya cari di google!), ternyata terbuat dari kentang, telur ayam, daging sapi cincang, dan bumbu-bumbu tambahan lainnya. Sapi terlibat secara aktif di dalam perkedel tersebut, sementara ayam sekedar terlibat. Ayam hanya menyumbangkan telur agar perkedel ini dapat dibuat.

Sapi harus memasukkan dirinya ke dalam perkedel, fully committed, demikian pula Top Management harus ada di dalam Operational Excellence program tersebut. Bukan hanya sekedar memberikan budget untuk program ini, atau seperti ayam memberikan telurnya. Hanya jika Top Management dapat terlibat aktif dalam program Operational Excellence inilah, program ini akan berjalan baik dan menjadi pembeda satu perusahaan ke perusahaan lainnya.
Akhir kata, selamat menikmati Soto Padang sebagai menu buka puasa Anda. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa dan Selamat Hari Raya Idul Fitri!

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.