Mempertahankan pekerja yang potensial di saat perusahaan sedang kekurangan tenaga kerja terkadang merupakan tantangan tersendiri. Bahkan ketika sebuah perusahaan menawarkan upah terbaiknya, fasilitas “perusahaan tetangga” seringkali menawarkan lebih. Namun Anda tak perlu terlalu khawatir akan hal itu. Upah bukanlah segalanya. Bagi para karyawan, banyak hal berharga yang menjadi pertimbangan penting yang dapat memicu loyalitasnya terhadap perusahaan. Berikut adalah beberapa strategi untuk meningkatkan loyalitas karyawan Anda:

1. Mengembangkan Program Onboard yang Efektif
Pada saat proses perkenalan karyawan baru, perusahaan harus sangat teliti dalam menjelaskan mengenai fasilitas yang ada, memberikan informasi mengenai harapan kinerja dan juga mengenalkannya dengan karyawan lainnya.

2. Memberikan Pelatihan Berarti yang Berkelanjutan
Sebuah survei nasional baru-baru ini yang ditugaskan oleh Alliance for American Manufacturing menemukan bahwa 78% responden merasa sangat penting dan diperhatikan melalui program pendidikan dan pelatihan.

3. Memastikan Jenjang Karir
Tanpa arah yang pasti, motivasi mereka untuk bertahan di perusahaan Anda pun lemah.

4. Hargai Karyawan dengan Baik
Perusahaan yang mengenali dan memberi penghargaan kepada karyawan membantu menciptakan ikatan emosional yang membantu mempertahankan pekerja yang baik.

5. Terlibat dengan Karyawan
Ketika semua orang merasa seperti bagian dari sebuah tim, mereka lebih cenderung sukses dan ingin tetap berada dalam pekerjaan mereka.

6. Pastikan Keselamatan Pekerja
Ini juga merupakan hal terpenting yang dipertimbangkan para pekerja perusahaan. Pemilik perusahaan bertanggung jawab untuk menyediakan tempat kerja yang aman, yang bebas dari bahaya, dan sesuai standar. Untuk itulah fasilitas pendukung seperti tunjangan kesehatan asuransi pun juga merupakan elemen penting dalam perusahaan.