Tidak hanya bermanfaat bagi organisasi, mengikuti pelatihan dan sertifikasi Lean Six Sigma Green Belt juga memberi banyak manfaat besar bagi karier Anda.

Sertifikasi Green Belt adalah sertifikasi yang paling dicari perusahaan dibanding sertifikasi belt lainnya dalam Lean Six Sigma. Kenapa? Karena Green Belt adalah seorang proyek implementer yang akan memimpin dan mengelola proyek berdasarkan data dan fakta di lapangan.

Selama pelatihan, Anda akan dilatih menggunakan tools dan teknik improvement sehingga mampu menurunkan biaya proses. Kreativitas Anda pun akan diasah sehingga mumpuni menciptakan solusi-solusi yang dibutuhkan organisasi.

Menjadi Green Belt

Dengan menyelesaikan pelatihan dan sertifikasi Lean Six Sigma Green Belt Anda akan mendapatkan sejumlah manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan keterampilan manajemen proyek

Dalam pelatihan Green Belt, Anda akan belajar tentang metode dan keterampilan melakukan pemecahan masalah menggunakan menggunakan metode dan prinsip Lean Six Sigma yang benar.

2, Meningkatkan nilai Anda

Sertifikasi Green Belt menjadi bukti bahwa Anda telah berhasil menyelesaikan proyek yang berdampak bagi organisasi. Ini dapat meningkatkan kepercayaan manajemen dan membuka peluang karier Anda

3. Menjadi pintu masuk ke peran manajerial

Tidak hanya meningkatkan kemampuan manajemen proyek, sertifikasi Green Belt juga meningkatkan kemampuan leadership dan manajerial Anda. Kesuksesan Anda dalam menjalankan proyek akan memberi Anda kesempatan untuk mengelola tim dan proyek yang lebih besar.

Pelatihan dan Sertifikasi Lean Six Sigma

Pelatihan dan sertifikasi Green Belt merupakan sebuah program khusus bagi individu dan perusahaan yang ingin memiliki agen perubahan (change agents) yang mampu mengatasi permasalahan di organisasi dengan menggunakan metodologi Lean dan Six Sigma.

Para peserta akan dibekali dengan kemampuan mendalam mengenai disiplin metode DMAIC (Define-Measure-Analyze-Improve-Control) dan juga mempelajari bagaimanacara mengumpulkan dan menganalisa performa data, mengidentifikasi inefisiensi pada proses, menemukan akar masalah, serta merancang solusi penyelesaian masalah.

Baca juga  Fokus Mengantar Produktivitas Melipatkan Profitabilitas

Dengan berbekal kemampuan tersebut, mereka akan mampu menjadi agen perubahan di organisasi dan menciptakan efisiensi di seluruh proses. Mereka mampu bekerja secara efektif dan sistematis dalam meningkatkan proses, sehingga perusahaan akan mampu menyediakan lebih banyak produk atau layanan dengan sumber daya yang lebih sedikit.

Ada banyak pilihan atau rekomendasi lembaga pelatihan LSS Green Belt dengan harga yang bervariatif, namun yang perlu Anda perhatikan adalah tingkat kualitas pelatihan dan pelatihnya. Sekali lagi ingat bahwa LSS Green Belt adalah sebuah investasi dengan hasil yang bisa diukur di masa depan. Sehingga memilih program yang memfasilitasi peserta untuk mengerjakan proyek selama pelatihan berlangsung (seperti di SSCX) harus menjadi pertimbangan khusus.