Mungkin Anda termasuk orang yang cerdas, bijaksana, dan kompeten. Namun, ingat bahwa tidak semua orang menilai Anda seperti itu. Jika Anda ingin rekan kerja dan teman-teman serius atau sungguh-sungguh menganggap Anda, maka Anda harus memproyeksikan kepada mereka mulai dari pakaian, perkataan, hingga bahasa tubuh.

Berikut 10 daftar strategi dari para pakar untuk membantu meningkatkan kredibilitas Anda dengan cepat :

  1. Mulai bekerja lebih awal

Penelitian dari Michael G. Foster di University of Washington menunjukkan bahwa karyawan yang masuk ke kantor lebih awal umumnya dianggap lebih teliti oleh manajer dan menerima peringkat kinerja yang lebih tinggi dibanding karyawan yang datang setelahnya.

  1. Katakan “Tidak” untuk beberapa hal

Anda bisa mengatakan “tidak” kepada atasan sesekali, dengan cara yang benar tentunya.

Misalnya, jika bos Anda menugaskan Anda proyek tetapi Anda sudah kelebihan beban dengan proyek lain, maka Anda bisa mengatakan sesuatu seperti : “Saya akan senang melakukan proyek itu, tetapi proyek (yang sedang saya kerjakan) akan tertunda”. Gagasannya di sini adalah bukan menyetujui setiap permintaan yang datang kepada Anda – bahkan jika tampaknya mustahil untuk ditolak.

  1. Gunakan kosa kata yang umum

Meskipun Anda memahaminya dengan baik, pilihlah kosakata yang umum digunakan daripada kosakata mewah, karena bisa jadi akan dianggap bahasa alien oleh orang lain. Terlepas dari kebutuhan, hilangkanlah kata-kata panjang yang tidak perlu karena ini bisa menyebabkan orang berpikir Anda kurang cerdas.

  1. Gunakan Kacamata

Menurut temuan para peneliti, orang-orang yang mengenakan kacamata dinilai lebih cerdas daripada orang-orang tanpa kacamata. Namun mereka yang tidak berkacamata dipandang lebih menarik daripada mereka yang memiliki kacamata full-rim.

  1. Tunjukkan sisi hangat Anda, yaitu tidak kompetitif dan ramah

Jika Anda dapat menggambarkan diri Anda sebagai orang yangtidak kompetitif dan ramah, orang lain akan merasa dapat mempercayai Anda.  Jika Anda tampak kompeten – misalnya, memiliki status ekonomi atau pendidikan yang tinggi, mereka juga lebih cenderung untuk menghormati Anda. Menurut

Psikolog Harvard Amy Cuddy, pertama kita harus menunjukkan kehangatan dan kemudian baru kompetensi, ini terutama dalam bisnis.

  1. Tingkatkan Kecepatan Bicara Anda

Penelitian menunjukkan bahwa berbicara dengan cepat juga merupakan cara licik untuk memenangkan argumen – setidaknya di Amerika Serikat. Satu studi tahun 1991 yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Social Psychology Bulletin menunjukkan alasannya, yaitu karena orang hanya memiliki waktu sedikit untuk berpikir secara kritis tentang posisi Anda.

  1. Dorong orang lain membicarakan dirinya sendiri

Peneliti Harvard menemukan bahwa berbicara tentang diri sendiri mungkin menguntungkan, sama halnya dengan makanan dan uang. Menurut penelitian, orang-orang bahkan memperoleh kesenangan dari berbicara tentang diri mereka sendiri ketika tidak ada yang mendengarkan.

  1. Perhatikan penampilan Anda

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berpakaian lebih formal dapat membuat Anda merasa dan terihat lebih kuat. Dalam sebuah studi tahun 2014, yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology, menunjukkan bahwa pria lebih berhasil dalam negosiasi ketika mereka mengenakan setelan jas.

  1. Ikuti perkembangan dunia terkini

Sebagai pebisnis, untuk mempercepat perubahan dalam industri maka Anda harus mampu berbicara cerdas tentang bisnis. Sehingga pentingg untuk membaca berita bisnis setiap hari. Selain perkembangan bisnis dalam industri Anda, Anda juga membutuhkan pengetahuan yang luas tentang sains, teknologi, dan budaya yang sedang populer.

  1. Tetap rendah hati dan percaya diri

Coauthor “Heart, Smarts, Guts, and Luck: What It Takes to Be an Entrepreneur and Build a Great Business” Anthony K. Tjan menulis di Harvard Business Review bahwa dibutuhkan kepercayaan diri yang cukup untuk menghargai orang lain tetapi ini juga perlu diseimbangkan dengan menyadari bahwa ada banyak hal yang belum Anda ketahui.

sumber: businessinsider.com