Internet of Things, atau IoT menjadi perbincangan hangat beberapa waktu terakhir ini. tidak seperti visi teknologi yang cenderung overhyped selama bertahun-tahun, IoT memiliki landasan masa kini untuk dapat segera diterapkan di seluruh negara maju. Sensor yang dapat ditemukan dimana saja, juga komunikasi mobile nirkabel. Ditambah lagi visualisasi grafis, dan masih banyak lagi.

Banya kita di seluruh dunia merupakan kota-kota dengan sebutan wiring up, seperti banyak cerita dari pelanggan Microsoft CityNext yang dapat dibuktikan. Beberapa diantara kota tersebut juga adalah pelanggan ICONICS. Seperti yang telah diketahui, ICONICS merupakan sebuah perusahaan industri pengembang perangkat lunak otomasi. Kota-kota tersebut berhasil mengubah diri melalui visibilitas operasional dan efisiensi yang lebih besar menggunakan HMI/SCADA, mobilitas, dan tools analisis untuk energy mutakhir dan solusi berkelanjutan.

Dalam menjalin kerjasama dengan ratusan kota di seluruh dunia, penyebaran kesuksesan ICONICS memiliki 3 rahasia umum, yaitu start, focus, dan phase. Apa saja maksud dari 3 kunci sukses tersebut?

  1. Start, adalah ketika memilih salah satu lokasi untuk memulai, banyaknya yang berhubungan dengan kebutuhan khusus dalam utilitas daerah mereka, seperti sekolah, sistem transportasi, atau fasilitas pengolahan air. Permulaan mereka merupakan suatu permulaan dasar.
  2. Focus, terhadap penghematan waktu dan uang. Artinya memusatkan pada sumber daya dan energi yang terbatas pada permulaan untuk memastikan semua bekerja seperti yang diinginkan, dan mengambil sebanyak mungkin pelajaran dari hal tersebut sebagai pengalaman untuk melakukan perbaikan.
  3. Phasing, dengan cepat dan mudah. Artinya masalah yang dihadapi tidak diselesaikan semuanya dalam satu waktu sekaligus, tetapi mengelompokkannya dalam beberapa tahapan.

 

Sumber: enterprise.microsoft.com