Anda akan mencapai hasil yang signifikan saat Anda melangkah secara efektif dan efisien!

Biasanya perusahaan akan melibatkan perusahaan konsultan untuk meningkatkan efisiensi operasional. Seringnya, mereka telah melakukan sebelumnya untuk beberapa waktu namun belum juga mendapatkan keuntungan yang mereka cari atau hanya sedikit pengembalian investasi yang mereka dapatkan.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Dalam peningkatan kinerja operasional, fokus utama perusahaan adalah meningkatkan efisiensi. Tapi bukanlah sebagai langkah awal, dan ini adalah kesalahan yang banyak dilakukan perusahaan dan pengusaha.

Ya, efisiensi itu penting, tapi Anda perlu memastikan lebih dulu bahwa Anda telah efektif. Bahwa Anda berfokus pada hal yang benar, bahwa usaha Anda saat ini memiliki efek positif, dan membuat kemajuan menuju tujuan Anda. Ada dua langkah untuk meningkatkan efektivitas:

Yang pertama adalah mempertajam fokus. Pastikan bahwa tujuan dan sasaran sudah jelas, mereka telah dikomunikasikan dan dipahami oleh semua orang. Tujuan yang lebih jelas dan tidak ambigu, akan memudahkan kita dalam membuat rencana untuk mencapainya. Rencana ini perlu ditinjau ulang, bahkan diaudit untuk memastikan hasilnya akan sesuai.

Yang kedua adalah meningkatkan akuntabilitas dan ownership terhadap hasil. Hal ini dicapai dengan kepemilikan peran dan tanggung jawab yang jelas, dan memastikan bahwa setiap orang memiliki tools, skills, dan support yang dibutuhkan untuk melaksanakannya. Bila Anda memiliki peran dan tanggung jawab yang jelas dan tim yang memiliki apa yang mereka butuhkan untuk sukses, mereka akan memanfaatkan peluang itu dengan seluruh kemampuan mereka.

Orang tidak takut kerja keras, mereka hanya takut gagal, dan jika Anda mengaturnya agar berhasil dengan rencana yang jelas, mereka tidak hanya akan bekerja keras tapi juga meningkatkan ownership dan efektivitasnya.

Tim yang efektif akan menarik semua orang di dalamnya tidak hanya ke arah yang sama tapi juga ke arah yang benar, mengubah setiap usaha mereka menjadi hasil, yang akan meningkatkan semangat dan mendorong mereka untuk terus bekerja.

Setelah Anda mencapai keadaan ini, Anda baru bisa berusaha meningkatkan efisiensi.

Penelitian menunjukkan bahwa pada proyek yang gagal, tujuh puluh persen dari waktu tim tahu bahwa mereka akan gagal sejak hari pertama. Jadi, jika Anda tidak yakin apakah tim Anda siap dalam mencapai target, maka tanyakan saja kepada mereka.

Ini pertanggungjawaban Anda sebagai pemimpin untuk memastikan tim Anda siap untuk sukses.

Jika Anda gagal melakukannya sebelum melakukan efisiensi, maka Anda pada akhirnya akan mengoptimalkan proses atau model bisnis yang tidak efektif yang hanya membuang waktu, sumber daya, dan usaha. Ini seperti mengoptimalkan mesin mobil Anda saat mobil Anda terjebak dalam lumpur, Anda tidak perlu roda berputar lebih cepat atau dengan penghematan bahan bakar yang lebih baik. Pada akhirnya akan menyebabkan frustrasi dan kegagalan.

Anda perlu fokus untuk mendapatkan daya tarik, mengubah upaya yang ada menjadi kemajuan.

Kesuksesan dan perbaikan nyata terjadi ketika Anda melakukan keduanya, efektif dan efisien. Namun semuanya dimulai dengan memperbaiki dan memastikan Anda lebih efektif terlebih dahulu.

sumber : inc.com