Sebagai pemimpin, bagaimana kita bisa tahu kalau kita sudah dipercaya para karyawan? Jawabannya, kita tidak tahu jawaban pastinya. Ya, sulit untuk mengetahui bagaimana kriteria pemimpin yang otentik secara pasti, dan mungkin beberapa orang akan menjadi tidak respect ketika pemimpin mereka gagal. Meskipun sangat mungkin dilakukan, mengidentifikasi penilaian orang lain terhadap diri kita tentu membutuhkan banyak waktu, sehingga mengevaluasi diri sendiri bisa menjadi cara terbaik. Inilah tujuh tanda yang bisa menunjukkan bahwa Anda telah dipercaya oleh orang-orang di sekitar Anda :

  1. Rendah hati

Banyak pemimpin bekerja sangat keras untuk mencapai posisi puncak. Jadi pada saat mereka mendapatkannya, mereka bertekad untuk mewujudkan impiannya, bernegosiasi dengan para dewan untuk mendapatkan keuntungan paling banyak. Pemimpin yang melakukan ini tidak selalu tidak dapat dipercaya, tetapi seorang pemimpin yang dapat menunjukkan pengendalian diri dalam hal ini akan mungkin lebih dapat dipercaya dalam menempatkan prioritas atas hak istimewa yang mereka miliki dan ini sangatlah penting.

  1. Mudah mengakui kesalahan

Mengatakan “Itu salah saya”, tanpa mengernyitkan dahi  atau batuk menunjukkan Anda memiliki pribadi yang bertanggungjawab. Seorang pemimpin mungkin berjuang mengambil tanggung jawab pribadi ketika terjadi masalah, namun ini akan menunjukkan bahwa mereka tidak dapat mengenali kekacauan karena mereka lebih mengkhawatirkan pekerjaan mereka daripada melakukan hal yang benar.

  1. Anda tidak menuntut penggantian untuk setiap pengeluaran (minuman, misalnya) saat menjalankan bisnis perusahaan

Mereka yang berlebihan dalam hal ini mungkin tidak memiliki niat buruk. Mungkin mereka harus menabung sedemikian hingga untuk dana pendidikan anak mereka. Namun, ini bisa memperlihatkan kurangnya pengendalian diri dan kesan menempatkan organisasi di bawah prioritas pribadi.

  1. Berbicara tentang etika – tetapi tidak terlalu banyak

Banyak pemimpin yang tidak sempurna berusaha untuk menunjukkan atau mengklaim status moral mereka yang tinggi. Akan lebih baik jika seorang pemimpin memilih berterus terang dan memiliki kerendahan hati.

  1. Selalu ada karyawan yang siap membantu Anda

Perlu diingat bahwa orang-orang yang berharga selalu berani ketika mereka “harus” melakukan sesuatu.

  1. Menghargai orang lain meskipun posisinya jauh di bawah Anda

Sebagian besar eksekutif tidak mampu melakukan hal ini karena mereka terlalu fokus untuk bertemu orang-orang yang “lebih penting”.

  1. Tidak ingin terlihat paling menonjol

Ini bisa dilihat dari akun media sosial perusahaan, apakah sebagian besar berisi gambar Anda? Jika iya ini bukan pertanda baik.

Tentu saja, tidak ada orang yang memiliki daftar di atas dengan sempurna, dan hanya sedikit pemimpin yang akan mendapatkan nilai sempurna di sini. Tetapi jika seorang pemimpin memiliki lima atau enam dari daftar di atas, kami yakin ketika dia meninggalkan organisasi dengan penuh karisma, tanpa mendapat celaan.

 

sumber: forbes