Tujuan utama Six Sigma adalah untuk menghilangkan kekurangan pada suatu proses. Hasil yang diinginkan adalah peningkatan kualitas dan efisiensi dalam bisnis. Caranya, dengan memperlancar proses bisnis dan memaksimalkan usaha dan sumber daya yang ada.

Memilih dan mempertahankan proyek Six Sigma yang optimal sangat penting untuk kesuksesan secara keseluruhan. Salah satu cara untuk mengidentifikasi proyek Six Sigma adalah dengan mengikuti rencana yang ditetapkan.

Menerapkan Strategic Action Plan adalah langkah pertama dalam mengidentifikasi inisiatif Six Sigma untuk mengenali proses mana yang perlu ditangani. Penting juga bagi mereka yang ingin memulai pendekatan Six Sigma memiliki pemahaman tentang rencana strategis bisnis yang baik.

Rencana aksi strategis harus dapat dilaksanakan dan diimplementasikan dengan baik. Tujuannya adalah untuk mendorong misi, nilai dan tujuan bisnis. Langkah dasar, elemen dan pertanyaan yang perlu ditangani dalam menciptakan rencana aksi strategis yang sukses meliputi:

‌1. Melibatkan peserta kunci dalam bisnis yang juga dikenal sebagai pemangku kepentingan, untuk melakukan brainstorming mengenai rencana dan tindakan yang akan dilakukan. Tujuannya agar bisa membuat rencana strategis untuk mencapai hasil yang diinginkan.

‌2.Membuat atau merumuskan ulang pernyataan misi yang ada, yang mencerminkan nilai dan tujuan pemangku kepentingan.

‌3.Memahami parameter bisnis dan merumuskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti: Adakah batasan dana atau pendapatan dalam menerapkan pendekatan baru? Adakah pertimbangan budaya yang terkait dengan budaya bisnis internal dan isu budaya aktual di pasar? Bisakah infrastruktur mendukung inisiatif baru? Semua pertanyaan ini harus dirumuskan dengan benar agar mendapat jawaban dan strategi yang baik dalam pelaksanaannya.

‌4. Inisiatif Six Sigma yang sukses bergantung pada kemampuan untuk menggunakan semua elemen DMAIC – Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control. Untuk pendekatan menghasilkan hasil yang diinginkan, perlu ada personil yang tersedia untuk melakukan langkah-langkahnya. Melakukan perbandingan kinerja saat ini dengan kinerja masa depan yang diinginkan. Fokus pada proses dalam bisnis yang jelas memiliki kebutuhan akan perbaikan. Pastikan untuk fokus pada area yang memungkinkan perbaikan.

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.