Excellent people, tujuan utama Six Sigma adalah meningkatkan kinerja suatu proses. Hasil yang diinginkan adalah peningkatan kualitas dan efisiensi dalam bisnis. Adapun caranya yaitu dengan memperlancar proses bisnis dan memaksimalkan usaha serta sumber daya yang ada.

Salah satu hal paling kritikal bagi kesuksesan Six Sigma adalah memilih proyek, atau bagaimana mengenali dan mengidentifikasi proses mana yang perlu ditangani. Untuk itu adalah penting bagi para change agent untuk memiliki pemahaman tentang rencana strategis bisnis yang baik. Rencana strategis ini meliputi:

Melibatkan peserta kunci

Libatkan peserta kunci atau seluruh pemangku kepentingan di organisasi untuk melakukan brainstorming mengenai rencana yang akan dilakukan. Tujuannya adalah agar rencana atau strategi yang dibuat selaras dengan prioritas dan hasil yang ingin dicapai.

Mengidentifikasi masalah di organisasi 

Identifikasi sumber masalah utama di organisasi berdasarkan 4 perspektif utama bisnis yaitu Voice of Customer, Voice of Business, Voice of Process, dan Voice of Employee.

Memahami prioritas utama organisasi

Dari masalah-masalah yang sudah diidentifikasi, maka selanjutnya adalah memprioritaskan masalah yang akan dijadikan proyek perbaikan. Kumpulkan data yang cukup untuk mengestimasi seberapa besar dampak dari masalah tersebut. Serta effort yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah tersebut, termasuk sumber daya, waktu, dan investasinya.   

Kemampuan DMAIC

Inisiatif Six Sigma bergantung pada kemampuan dalam menggunakan semua tahapan DMAIC (Define – Measure – Analyze – Improve – Control). Untuk mencapai hasil yang diinginkan, maka harus ada sumber daya yang tersedia yang memiliki keterampilan DMAIC.

Excellent people, berikutnya yang tidak kalah penting dalam menerapkan inisiatif Six Sigma adalah mampu membuat perbandingan kinerja saat ini dengan kinerja masa depan yang diinginkan dan kemudian mempersiapkan program yang sesuai. Kami di SSCX, mampu melihat gap tersebut melalui assessment dan operational excellence tools. SSCX telah membantu kemajuan ratusan organisasi di berbagai sektor industri menggunakan metode Lean Six Sigma. Ingin memiliki program Six Sigma yang berdampak signifikan seperti mereka? Hubungi SSCX di 08175763021.

Baca juga  Bagaimana Memecah Mentalitas Silo di Organisasi