Jika saja menjadi produktif semudah mendownload aplikasi. Sayangnya, tidak sesederhana itu untuk menjadi produktif. Mencapai segala jenis penguasaan dalam produktivitas memang membutuhkan latihan dan waktu. Berikut adalah panduan sederhana untuk Kaizen sebuah filosofi Jepang yang membantu kita memperbaiki dan mengatur semua hal yang kita lakukan.

Perjalanan seribu mil dimulai dengan satu langkah. Kaizen adalah cara berpikir berdasarkan kepercayaan filosofis bahwa segala sesuatu dapat ditingkatkan. Berakar dalam kebijaksanaan dua ribu tahun Tao Te Ching, Kaizen adalah seni untuk membuat perubahan yang hebat dan abadi melalui peningkatan kecil dan mantap.

Filosofi Kaizen adalah salah satu elemen yang menyebabkan kesuksesan manufaktur Jepang. Seni dari filosofi ini adalah bahwa Anda tak hanya dapat memperoleh manfaat dari pendekatan ini dalam pekerjaan dan bisnis, tetapi juga dalam setiap aspek kehidupan pribadi Anda.

Kaizen didasarkan pada membuat sedikit perubahan secara teratur: selalu meningkatkan produktivitas, keamanan dan efektivitas sekaligus mengurangi limbah.Jika tidak berhasil, perbaiki melalui langkah-langkah kecil dan aman sambil mengurangi barang yang tidak perlu.

Dalam bukunya One Small Step Can Change Your Life: The Kaizen Way, Robert Maurer menulis tentang bagaimana bagian prasejarah otak manusia, yang disebut amigdala, diprogram untuk memicu respons “fight or flight”. Bila ini terjadi, pemikiran kognitif tingkat tinggi kita dimatikan. Saat kita berada dalam bahaya fisik biasanya insting untuk bertahan sangat kuat.

Ambillah satu jam dalam setiap minggu atau setiap bulan untuk menilai ulang proses kerja, agar kita bisa menghasilkan lebih baik lagi untuk mencari produktivitas terbaik bulan ini.

Berikut adalah beberapa gagasan tentang bagaimana menerapkan filosofi Kaizen dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari Anda:

  • Mulai dari yang kecil:
    Perubahan kecil lebih mudah dipraktekan dan secara bertahap akan berdampak pada sesuatu yang besar. Mulailah dengan bertanya “Apa langkah terkecil yang bisa saya ambil untuk menjadi lebih efisien/ produktif/ dapat mengubah perilaku?”
  • Hargai setiap proses
    Datanglah dengan sebuah proses untuk aktivitas spesifik yang berulang dan terorganisir. Periksa apakah prosesnya efisien dengan bertanya pada diri sendiri apakah prosesnya menghemat waktu Anda dan jika berhasil mencapai hasil yang diinginkan.
  • Terus berinovasi
    Cari cara baru dan lebih baik untuk melakukan pekerjaan yang sama atau mencapai hasil yang sama. Hal yang berubah setiap saat (lingkungan kita, prioritas kita, pekerjaan kita) sehingga tidak pernah berhenti membaik dan selalu mencari ide yang lebih cerdas dan efisien.
  • Singkirkan yang tidak perlu
    Beberapa hal yang kita lakukan tidak efisien sebaiknya tidak perlu dilakukan. Menilai ulang produktivitas mingguan atau bulanan tugas yang telah menjadi kebiasaan dan menyingkirikan yang tidak perlu
Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.