Penerapan Six Sigma di Health Care

Strategi Six Sigma mulai diinisiasi untuk aplikasi pada industri healthcare pada bulan Maret tahun 1998. Commonwealth Health Corporation (CHC) adalah organisasi healthcare pertama yang sukses mengimplementasikan strategi efisiensi dari Six Sigma. CHC menandatangani kontrak dengan Healthcare Solution, sebuah divisi konsultasi dari GE Medical Systems, untuk membantu organisasi mereka melatih leadership dalam membentuk team building yang efektif, mengurangi cost operasional, dan meningkatkan bulling cycle.

Prioritas yang digambarkan oleh organisasi telah tercapai: keuntungan finansial substansial telah terbentuk, khususnya pada departemen radiologi yang mengalami peningkatan sebesar 33% dan cost per prosedur radiologi berkurang sampai 21,5%. Perusahaan tersebut dapat memfokuskan pada pemilihan proyek-proyek yang penting dan mengujinya untuk mencapai tujuan strategis dari perusahaan yang telah ditetapkan. Pada tahun 2003, Stanford Hospital and Clinics dan Red Cross Hospital di Belanda juga menerapkan kekuatan dari Six Sigma dalam membuat solusi standardisasi untuk beberapa permasalahan prosedur dan organisasi.

Pada awalnya aplikasi Six Sigma pada organisasi healthcare mengalami banyak kritik. Kebanyakan kritik tersebut menyatakan bahwa Six Sigma merupakan metode yang hanya dapat diterapkan di industri manufaktur saja. Ternyata pada prakteknya Six Sigma juga bisa digunakan pada organisasi atau bisnis yang berorientasi pada service seperti industri healthcare.

Dalam penerapannya, metodologi ini memang sering mengalami penyusutan pada tingkat kehati-hatiannya; telah disadari bahwa organisasi perlu mencari cara untuk melakukan leverage pada data (dikumpulkan melalui Six Sigma) untuk mempengaruhi perilaku atau behavior pada manusia. Sukses terbesar disadari ketika strategi teknik dan structural dikombinasikan. Metodologi Six Sigma kini telah diimplementasikan dalam berbagai organisasi healthcare untuk meningkatkan finansial dan performansi operasional mereka seperti yang telah dilakukan oleh CHC.

Source Article from http://www.sixsigmaindonesia.com/penerapan-six-sigma-di-bidang-healthcare/

 

Ide dan Case Study Eksklusif
Dapatkan email berkala dari Shift dan SSCX mengenai ide, tips, strategi, artikel, berita terkait operational management!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah perusahaan Anda lebih baik lagi.

Dapatkan inspirasi bagaimana rumusan I x F x A = Result, atau cerita inspirasi mengenai change management. FREE!
Sama seperti Anda, kami membenci spamming. Situs ini dikelola oleh PT SSCX International.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>