Pada artikel sebelumnya telah dibahas cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan promosi secara murah bahkan gratis dengan cara online. Bagaimana dengan offline?

1. Kartu nama

Jangan menyepelekan kartu nama, karena kertas kecil ini bisa merepresentasikan wajah bisnis Anda. Tak hanya itu, kartu nama yang baik bisa memberikan rincian lebih banyak daripada hanya nama, alamat dan telepon Anda. Mencetak kedua sisi kartu nama Anda akan memberi tahu calon pelanggan Anda lebih banyak tentang Anda.

Kartu ini bisa berbentuk kartu yang dapat dilipat untuk menunjukkan informasi yang lebih lengkap. Berikan kartu tersebut kepada siapa saja yang berhubungan dengan Anda yang mungkin bisa memberi Anda bisnis.

2. Iklan “berjalan”

Anda tentu pernah melihat mobil atau motor yang wara-wiri di jalan dengan memampangkan iklan sebuah produk? Ya, saat ini, hal itu adalah cara unik yang cerdas dalam mempromosikan bisnis Anda.

Beriklan dengan menggunakan kendaraan ibarat sebuah billboard bergerak yang bisa efektif dilihat banyak orang, terutama pada jam sibuk lalu lintas. Namun pastikan juga untuk menjaga kendaraan tetap bersih, rapih, dan menarik.

3. Marketing collateral

Cetaklah produk promosi brand Anda seperti pena, agenda, atau kalender. Berikan secara cuma-cuma kepada klien atau pelanggan Anda, karena benda-benda promosi ini bisa menjadi pengingat yang baik bagi mereka.

Selain membuat marketing collateral, pameran produk juga cara yang bagus untuk menarik calon pelanggan datang kepada Anda. Anda dapat memberikan gimmick atau hadiah sebagai cara yang baik untuk mengucapkan terima kasih kepada mereka, sekaligus mengingatkan mereka kepada brand Anda.

4. Siaran pers

Memuat iklan di koran atau majalah tentu sangat mahal harganya, padahal belum tentu iklan tersebut dibaca orang. Nah, Anda bisa mendapatkan publikasi gratis melalui siaran pers alias press release yang dikirim ke media massa.

Buatlah tulisan semenarik mungkin sehingga membuat media tertarik untuk memuatnya. Lewat publikasi ini, biarkan khalayak tahu bahwa produk Anda adalah produk ungulan baru, misalnya, atau brand Anda baru saja menerima penghargaan. Intinya buat semua orang tahu tentang prestasi brand Anda.

5. Kupon diskon

Anda mungkin tahu tentang kupon diskon yang dapat dibeli dengan harga murah untuk mendapatkan produk atau layanan bernilai tinggi. Misalnya, dengan kupon seharga Rp90.000,- orang dapat menikmati layanan spa senilai Rp200.000,-. Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang ini.

Ada banyak perusahaan penyedia kupon yang ingin menambahkan Anda ke kupon mereka. Cobalah untuk menjalin kerja sama dengan pemberian diskon di kupon tertentu.

Setelah semua upaya pemasaran di atas dicoba, cari tahu apa yang terbaik bagi produk Anda dengan melacak hasil setiap metode periklanan dan pemasaran. Caranya, tanyakan kepada pelanggan bagaimana ia mengetahui dan menemukan produk Anda, apakah dari media, dari iklan “berjalan”, dari souvenir, atau dari sumber lainnya. Anda perlu mengetahuinya sebagai menjadi bahan evaluasi pemasaran produk Anda.

Simak ulasan kami lainnya terkait teknik pemasaran yang efektif di http://bit.ly/ArtikelPemasaran