Iklan dan promosi memang penting, tapi berat rasanya mengalokasikan dana sebesar itu untuk pemasaran dan periklanan. Anda pasti setuju akan hal ini, terutama jika menjalankan perusahaan kecil.

Hanya karena pesaing besar menghabiskan banyak biaya untuk iklan, tidak berarti Anda harus mengikutinya, lho. Anda bisa memanfaatkan banyak cara untuk mengiklankan bisnis Anda dengan biaya yang sangat rendah, atau bahkan gratis. Tak percaya?

Ada dua cara dalam memasarkan produk Anda, yakni online dan offline. Untuk pemasaran online, tiga langkah berikut sudah bisa membuat perusahaan Anda selangkah lebih maju dalam hal marketing:

1. Website

Website adalah kebutuhan mutlak bagi bisnis apa pun. Dengan adanya web, toko Anda buka 24 jam sehari selama 7 hari dalam seminggu. Di jaman sekarang ini, internet, laptop, ponsel dan tablet ada di mana-mana. Banyak konsumen sedang melihat-lihat produk dan berbelanja setiap harinya.

Buatlah situs web dengan bantuan perancang web profesional, atau bisa juga cek ke perusahaan hosting yang menawarkan secara gratis.

2. SEO

Saat website sudah aktif, manfaatkan SEO sebagai agar bisnis Anda ada di peringkat teratas mesin pencari utama atau google. Buatlah konten-konten yang bersifat SEO-friendly sehingga website dan produk Anda mudah ditemukan oleh pasar. Pelajari karakter pembaca konten website Anda, dan gunakan judul-judul yang menarik untuk memancing mereka.

3. Facebook

Facebook ataupun media sosial lainnya menawarkan halaman bisnis gratis untuk mempromosikan perusahaan Anda. Manfaatkanlah semaksimal mungkin. Berinteraksilah dengan audiens dengan mengirimkan komentar dan pertanyaan. Upload gambar untuk menunjukkan kepada dunia apa yang Anda tawarkan. Promosikanlah brand Anda.

3. Email

Meskipun terdengar kurang menarik, sampai saat ini email masih merupakan salah satu cara terbaik untuk tetap berhubungan dengan prospek dan pelanggan yang berminat dengan jasa atau produk Anda. Buatlah buletin bulanan atau newsletter yang dapat anda blast secara rutin ke email pelanggan dan calon pelanggan, yang memberi mereka informasi bermanfaat yang berhubungan dengan bisnis Anda.