Siapa bilang Lean Six Sigma hanya bisa digunakan oleh bisnis swasta? Pemerintahan pun juga bisa. Houston dan Washington adalah dua kota di Amerika Serikat yang termasuk dalam kota-kota lain yang telah menerapkan Lean Six Sigma, untuk memperbaiki bagaimana uang pembayar pajak dihabiskan. Tahun ini, sebuah wilayah di California pun juga akan bergabung dengan mereka.

Setelah terkena masa-masa sulit karena turunnya bisnis minyak dan gas, Kern County, sebuah wilayah di California memutuskan untuk menerapkan praktik Lean Six Sigma untuk melakukan perubahan di tubuh pemerintah daerahnya.

“Beberapa tahun terakhir ini ekonomi sangat berat untuk Wilayah Kern,” ujar Zack Scrivner, seorang pengawas wilayah. “Apa pun yang dapat menghemat uang daerah dan memungkinkan kita beroperasi lebih efisien dan produktif, sambil tetap mempertahankan tingkat layanan berkualitas tinggi kepada konstituen kita, harus digunakan,” lanjutnya.

Masa-masa Sulit di California
Scrivner mencatat bahwa wilayah tersebut kekurangan dana, sehingga dilakukan pemotongan anggaran, melembagakan pembekuan, dan bahkan mengurangi program keselamatan publik. Dengan Lean Six Sigma, ia berharap California dapat menemukan cara untuk mengurangi biaya pada layanan yang mereka berikan, membebaskan uang untuk menjaga agar program yang dibutuhkan tetap beroperasi.

Metodologi ini telah berjalan dengan baik selama puluhan tahun dalam bisnis swasta. Lean Six Sigma meminta sebuah organisasi untuk mengevaluasi suatu proses, menemukan bagian-bagian dari operasi yang tidak efisien dan kemudian melakukan koreksi. Itu bisa termasuk penggunaan personil dan waktu yang sia-sia, atau bagian dari proses di mana kesalahan sering dilakukan.

Fokus pada peningkatan proses adalah sesuatu yang telah menjadi masalah bagi pemerintah jauh sebelum Six Sigma atau analisis mendalam tentang proses menjadi kenyataan. Siapa pun yang telah menghabiskan berjam-jam menunggu layanan di instansi pemerintah mengetahui perbaikan proses dan peningkatan kualitas dapat membantu.

Saat Houston Membuat Perbaikan
Kota Houston, kota terbesar keempat di negara ini, menghadapi kekurangan anggaran dan keluhan konsumen di sejumlah daerah. Mereka mulai melatih karyawan di Lean Six Sigma pada bulan Januari 2013, dan sekarang memiliki lebih dari 1.419 karyawan yang terlatih dalam metodologi ini.

Mereka juga telah membuat kemajuan besar dalam memperbaiki layanan kota dan menghemat uang, menurut sebuah laman web kota yang ditujukan untuk topik ini.
Diantara prestasi kota:
• Mengurangi waktu tunggu untuk mendapatkan ijin taksi dari satu bulan sampai lima hari.
• Hanya dalam waktu dua bulan, mereka memperoleh $1 juta untuk mengubah cara mereka mendekati program pembayaran yang ditangguhkan di Pengadilan Negeri – mencari uang muka yang lebih besar ternyata merupakan langkah penting.
• Mereka menutup lebih dari 100 hibah warisan senilai lebih dari $ 173 juta dan menciptakan sebuah proses untuk menutup hibah setelah selesai, membuat laporan keuangan lebih akurat.

Nah, telah terbukti Lean Six Sigma tak hanya dapat membantu memperbaiki performa perusahaan, tetapi juga kinerja pemerintahan. Kini saatnya Anda membantu meningkatkan performa dan keuntungan perusahaan Anda dengan metode ini. Konsultasikan dengan ahlinya, SSCX International.