SHIFT SSCX News Terry Gou

Foxconn, saat ini telah menjadi salah satu perusahaan manufaktur yang paling terkenal di dunia. Kepopulerannya ini tidak terlepas dari jatuh-bangun bisnis nya sebagai pemasok terbesar yang telah mempekerjakan lebih dari 900 ribu karyawan. Brand-brand ternama dunia, seperti Dell, Sony, IBM, Nokia dan Apple adalah hasil dari buah kerja para karyawan Foxconn yang sebagian besar adalah warga Cina.

Dengan kemampuannya memproduksi komponen-komponen brand “ternama” yang notabenenya memiliki jumlah permintaan yang sangat banyak, Foxconn telah membangun reputasi di industri manufaktur sebagai pemasok yang dapat diandalkan.

Beberapa tahun ke belakang, Foxconn juga sempat mengalami krisis reputasi karena adanya isu kekhawatiran kerja di dalam pabriknya, seperti kasus bunuh diri yang terjadi di pabriknya di Cina. Karena kasus ini, sang CEO Terry Gou pun tidak lepas dari kritik dan kecaman. Namun, seperti apa sebenarnya pria yang ada dibalik tembok besar pembuat iPhone tersebut?

Berikut rangkuman fakta tentang Pendiri Foxconn, Terry Gou seperti dikutip manufacturingglobal.com:

#1. Gou memulai bisnis nya dengan bermodalkan uang sebesar US$ 7,500 yang ia pinjam dari ibunya.

#2. Ayahnya adalah seorang perwira polisi menengah yang memiliki pangkat.

#3. Sebelum mendirikan Foxconn, selama tiga tahun Gou mengikuti latihan kejuruan dan telah bertugas di militer. Ia juga pernah bekerja sebagai petugas pengiriman  selama dua tahun.

#4. Gou membuka kantor pusat global pertama pada tahun 1974.

#5. Produk pertama yang dikembangkan oleh Foxconn adalah tombol saluran-perubahan untuk televisi hitam putih.

#6. Gou memiliki angan akan kesuksesan di masa depannya, ia banyak menghabiskan waktu belajar menulis namanya dengan sempurna dalam bahasa Inggris.

#7. Kini, Terry Gou telah mempekerjakan lebih dari 920.000 karyawan di lebih dari 20 pabrik Foxconn yang telah ia bangun.

Baca juga  Ikuti 5 Kaidah ini agar Problem Solvingmu Berhasil

#8. Pernyataannya yang paling terkenal adalah ia pernah mengatakan bahwa Warren Buffet sudah terlalu tua untuk melakukan bisnis.

#9. Salah satu kutipan yang ia yakini adalah “You can’t read a book to learn to swim”.

#10. Jika berbicara tentang pendiri Apple, Steve Jobs, Gou mengungkapkan ia harus memaksa Jobs untuk menyerahkan kartu namanya.

#11. Kini Foxconn adalah eksportir terbesar di Cina.

#12. Harta Gou ditaksir mencapai 5.9 miliar dolar dan sekaligus menjadikannya sebagai orang terkaya di Taiwan.

#13. Gou telah membangun berbagai kota di Cina sebagai tempat untuk para penduduknya bekerja.

#14. Gou memiliki kegiatan amal sendiri, yang disebut Yonglin Foundation.

#15. Gou menikah dengan seorang penari, 24 tahun lebih muda darinya. Pada pernikahannya, ia melepaskan jas pernihakannya dan melakukan push up 30 kali untuk membuktikan kejantanannya.

#16. Setiap tahun, Gou mengambil gajinya hanya satu dolar Taiwan dari bisnisnya.

#17. Dia membayar bonus eksekutif dari sakunya sendiri yang berasal dari deviden perusahaan.

#18. Gou tidak mengharapkan para eksekutifnya untuk meningkatkan penjualan hingga 30 persen setiap tahunnya namun ia terkenal dengan gaya kepemimpinannya yang kuat.

#19. Gou mendapat pujian dari Kepala Procuremet Dell untuk Asia yang mengatakan bahwa Gou adalah salah satu penjual terbaik di dunia.

#20. Tim Cook, CEO Apple menyimpulkan Gou dengan mengatakan, “Dia adalah pemimpin yang kuat dengan hasrat untuk terus unggul.”