Businessteam at a meeting

Program pelatihan dan sertifikasi Lean Six Sigma Green Belt akan mempersiapkan Anda untuk mengeksekusi proyek-proyek Lean Six Sigma. Tapi, selain pengetahuan untuk mengerjakan proyek-proyek tersebut, hal apa lagi yang perlu Anda ketahui tentang pelatihan Green Belt?

Berikut daftar hal-hal penting yang harus Anda ketahui tentang pelatihan Lean Six Sigma Green Belt:

  1. Anda tidak membutuhkan sebuah projek berskala Green Belt untuk mengaplikasikan tools dan konsep Green Belt.
  2. Pelatihan Lean Six Sigma Green Belt sudah dikenal oleh seluruh organisasi di dunia.
  3. Anda tidak perlu harus menjadi seorang ahli statistik untuk bisa menjadi seorang Green Belt yang handal.
  4. Jika Anda tidak segera mengaplikasikan kemampuan Green Belt Anda selama 40 hari, maka Anda akan lupa bagaimana menggunakan keahlian tersebut. Jadi pilihannya, gunakan atau kehilangan.
  5. Tools dan teknik yang paling dasar biasanya adalah yang paling penting.
  6. Anda bisa meningkatkan tingkat produktivitas hingga 15% hanya dengan menerapkan 5S di seluruh area kerja.
  7. Dengan membuat proses mapping, Anda bisa segera menemukan titik permasalahan yang tersembunyi.
  8. Kemampuan menganalisa untuk memecahkan suatu masalah yang Anda dapatkan menjadi bagian yang dibutuhkan perusahaan dari para karyawannya.
  9. Baik industri manufaktur ataupun jasa; divisi sales, marketing, finance atau back office, hampir disetiap prosesnya dapat menerapkan dan memperoleh manfaat dari metode perbaikan proses Lean Six Sigma.
  10. Menurut Indeed.com, di Amerika Serikat, gaji rata-rata nasional untuk yang bersertifikat Green Belt mencapai $72.000 per tahun.
  11. Dari semua tingkatan “Belt” dalam Lean Six Sigma, Green Belt adalah yang paling dicari setelah sertifikasi.
  12. Sertifikasi dari organisasi eksternal umumnya lebih dikenal daripada yang bersertifikat internal.
  13. Penelitian menunjukkan bahwa dengan merespon Q & A dalam sesi pelatihan Green Belt dan kemudian mengambil ujian sertifikasi bisa membuat Anda lebih pintar.
  14. Memiliki sertifikasi Green Belt akan membedakan Anda dari pelamar lain dalam hal manajemen proses dan kemampuan pemecahan masalah, dan bisa menempatkan Anda dalam posisi pekerjaan yang lebih baik.
  15. Meskipun konten dari Lean Six Sigma Green Belt bisa bervariasi, namun strukturnya tetap mengikuti metode DMAIC – Define, Measure, Analyze, Improve & Control.
  16. Pelatihan Green Belt mengajarkan Anda untuk mengelola data dan fakta. Seperti yang pernah dikatakan Jack Welch, mantan CEO GE – “Jika kita me-manage dengan opini, saya lebih suka mereka mengikuti saya”
  17. Pelatihan Green Belt bukan berarti Anda akan terlibat di dalam sebuah turnamen. Namun, pelatihan ini membuat Anda lebih siap untuk memangkas aktivitas waste di tempat kerja.
  18. Pelatihan Green Belt dan menerapkan proses improvement bersama-sama dengan orang lain akan lebih menyenangkan. Banyak tools yang dirancang untuk membantu tim bekerja sama untuk menemukan akar penyebab masalah dari keadaan saat ini.
  19. Pelatihan Green Belt membantu Anda mengasah kemampuan problem solving, karena masalah telah menjadi suatu hal yang selalu ada di dalam organisasi.
  20. Pelatihan Green Belt membantu meningkatkan fokus pada proses, bukan pada menyalahkan orang yang bekerja dalam proses.
Baca juga  6 Langkah Lakukan Improvement dengan Metode Lean

Sumber: Goleansixsigma.com