Terdapat berbagai inovasi terbaru di bidang AI yang sedang berkembang pesat dan memberikan dampak positif dalam berbagai sektor. Berikut beberapa contoh inovasi di bidang AI yang populer dan terus dikembangkan:

Natural Language Processing (NLP)

NLP adalah salah satu inovasi terbaru di bidang AI yang digunakan untuk memahami dan memproses bahasa manusia secara alami. Dengan menggunakan NLP, komputer dapat memahami dan memproses bahasa manusia seperti teks, suara, dan gambar. Contoh penggunaan NLP yaitu aplikasi Chatbot. Chatbot dapat menggunakan NLP untuk memahami bahasa manusia yang alami dan memberikan jawaban yang tepat terhadap pertanyaan atau permintaan yang diajukan sehingga meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan. 

Computer Vision

Computer Vision adalah teknologi AI yang menghadirkan kemampuan bagi komputer untuk memproses dan menganalisis gambar dan video, sehingga dapat memahami dunia visual yang ada di sekitarnya. Teknologi ini telah digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk di dalam pengembangan kendaraan otonom yang semakin populer saat ini. Dalam dunia kendaraan otonom, Computer Vision menjadi teknologi kunci yang memungkinkan mobil untuk “melihat” dan memahami lingkungannya dengan sangat detail, seperti mengenali rambu lalu lintas, pejalan kaki, dan bahkan perubahan kecil pada jalan raya. Dengan kemampuan ini, mobil otonom dapat mengambil keputusan berdasarkan informasi yang diperoleh, sehingga dapat mengemudi dengan lebih aman dan efisien. Dengan begitu, Computer Vision tidak hanya meningkatkan kemampuan teknologi, namun juga membantu meningkatkan keselamatan pengguna jalan raya.

Deep Learning

Deep Learning adalah teknologi AI yang memungkinkan komputer meniru proses kerja jaringan otak manusia. Dengan kemampuan ini, teknologi ini mampu memproses dan menganalisis data mentah secara besar-besaran dan menghasilkan keputusan yang akurat. Teknologi ini telah diadopsi dalam berbagai bidang industri, termasuk dalam bidang kesehatan di mana ia telah digunakan untuk mendeteksi sel kanker, serta dalam bidang militer di mana ia digunakan untuk deteksi objek.

Generative Adversarial Networks (GANs)

GANs adalah salah satu inovasi terbaru di bidang AI yang digunakan untuk membuat konten kreatif seperti gambar, video, dan bahkan musik. Teknologi ini menggunakan dua jaringan neural (Generator dan Discriminator) yang saling berlawanan untuk menciptakan konten gambar atau objek 3D yang baru dan orisinal.

Baca juga  Inspirasi dari Lapangan: Pelajaran Operational Excellence dari Permainan Basket

Augmented Reality (AR)

AR adalah teknologi AI yang menggabungkan elemen dunia nyata dengan elemen virtual. Teknologi ini digunakan dalam aplikasi seperti permainan video online. Dengan AR, pengguna dapat melihat produk atau objek virtual dalam lingkungan nyata mereka.

Sahabat SHIFT, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat kita akan melihat adanya inovasi-inovasi AI yang lebih canggih dan revolusioner di masa depan. Siapkah, Anda? 

(*artikel diolah dari berbagai sumber)