Lean Six Sigma (LSS) Green Belt adalah sebuah kunci pembuka dari banyaknya peluang besar di organisasi. Ini karena Green Belt dapat membantu organisasi meningkatkan profitabilitas, efisiensi, dan bahkan keunggulan kompetitif.

Manfaat Green Belt Bagi Perusahaan

1. Membangun leadership

Green Belt (GB) dilatih untuk memimpin proyek dan melatih tim melakukan pemecahan masalah dari awal hingga akhir. Hal ini akan meningkatkan tanggung jawab dan kontribusi mereka terhadap kesuksesan organisasi.

2. Meningkatkan profitabilitas

Individu yang telah menyelesaikan pelatihan LSS GB dapat membantu organisasi menghasilkan layanan/ produk dengan kualitas terbaik dan proses yang lebih cepat. Hal ini akan membantu organisasi mencapai peningkatan profitabilitas.

3. Mengurangi biaya

Organisasi dapat mengoptimalkan dan memperbaiki proses yang tidak perlu menguras sumber daya organisasi karena seorang GB dapat menciptakan siklus inspeksi dan pengerjaan ulang yang berfokus pada pencegahan masalah dan perbaikan yang diperlukan.

4. Meningkatkan efisiensi  

Seorang GB dapat memastikan efisiensi di setiap lini proses. Ingat, fokus utama proyek LSS adalah berapa jumlah penghematan (uang) yang bisa didapat. LSS memiliki metrik yang mudah untuk mengukur biaya proyek dengan manfaat yang akan dihasilkan.

5. Meningkatkan keunggulan kompetitif

Semua keuntungan yang didapat dari peningkatan profitabilitas, penurunan biaya, dan peningkatan efisiensi akan memberikan keunggulan kompetitif yang tinggi dan bahkan tak tertandingi bagi perusahaan.

Lean Six Sigma memberi banyak manfaat besar bagi organisasi. Jangan ragu untuk berinvestasi melalui pelatihan dan sertifikasi Green Belt.

Pelatihan dan Sertifikasi LSS

Pelatihan dan sertifikasi Green Belt merupakan sebuah program khusus bagi individu dan perusahaan yang ingin memiliki agen perubahan (change agents) yang mampu mengatasi permasalahan di organisasi dengan menggunakan metodologi Lean dan Six Sigma.

Baca juga  PTBA Bagi Dividen Senilai Rp 7,9 Triliun

Para peserta akan dibekali dengan kemampuan mendalam mengenai disiplin metode DMAIC (Define-Measure-Analyze-Improve-Control) dan juga mempelajari bagaimanacara mengumpulkan dan menganalisa performa data, mengidentifikasi inefisiensi pada proses, menemukan akar masalah, serta merancang solusi penyelesaian masalah. 

Dengan berbekal kemampuan tersebut, mereka akan mampu menjadi agen perubahan di organisasi dan menciptakan efisiensi di seluruh proses. Mereka mampu bekerja secara efektif dan sistematis dalam meningkatkan proses, sehingga perusahaan akan mampu menyediakan lebih banyak produk atau layanan dengan sumber daya yang lebih sedikit.

Ada banyak pilihan atau rekomendasi lembaga pelatihan LSS Green Belt dengan harga yang bervariatif, namun yang perlu Anda perhatikan adalah tingkat kualitas pelatihan dan pelatihnya. Sekali lagi ingat bahwa LSS Green Belt adalah sebuah investasi dengan hasil yang bisa diukur di masa depan. Sehingga memilih program yang memfasilitasi peserta untuk mengerjakan proyek selama pelatihan berlangsung (seperti di SSCX) harus menjadi pertimbangan khusus.