Excellent people, disadari atau tidak, kita sering melakukan pemborosan waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Pemborosan waktu yaitu pemborosan yang terjadi akibat kita melakukan aktivitas yang menghabiskan banyak waktu namun tidak menghasilkan hal-hal yang produktif. Hal ini tentu harus segera diatasi, caranya yaitu dengan mengenali pemborosan waktu terbesar dan menggantinya dengan melakukan hal-hal yang jauh lebih bernilai dan bermanfaat.

5 Macam Pemborosan Waktu

1. Ketergantungan Ponsel

Hal ini biasa dialami oleh mereka yang memiliki kebiasaan memperbarui status media sosial terus-menerus, terlalu sering membuka aplikasi belanja online, bermain game dalam waktu lama, atau mengambil gambar secara berlebihan menggunakan ponsel.

2. Kebiasaan Menunda

Benjamin Franklin pernah mengatakan mungkin kamu terlambat tapi waktu tidak akan. Kutipan ini mengingatkan kita bahwa kita bisa dan sering menunda dalam hidup. Namun, waktu terus berjalan dan waktu yang kita buang akan hilang selamanya.

3. Melakukan Pekerjaan Orang lain

Meskipun tidak ada salahnya membantu orang lain, pastikan Anda melakukan pekerjaan Anda terlebih dahulu dan menyelesaikannya. Ini akan menghemat waktu dan energi Anda.

4. Sering Mengobrol

Mengobrol disini termasuk berbalas pesan setiap saat. Namun ini bukan berarti kita tidak boleh bicara dengan rekan kerja ya excellent people, tetapi mari lebih fokus pada pekerjaan. Sedikit bicara akan membuat kita lebih hemat waktu dan lebih produktif,

5. Tidak Mengikuti Rutinitas

Melakukan pekerjaan sesuai jadwal akan membuat kita menjadi lebih fokus. Rutinitas akan membuat kita menjadi disiplin, konsentrasi, dan efisien karena waktu terbagi dengan baik.

Excellent people, pemborosan jangan dibiarkan saatnya kita meningkatkan diri! Mari kita manfaatkan waktu untuk hal-hal yang produktif sehingga tidak ada penyesalan di kemudian hari. Yuk! buat rencana aksi yang penuh manfaat, mengikuti pelatihan atau mempersiapkan proyek kompetisi Opexcon, misalnya.

Baca juga  Ini Perbedaan Antara Buy In dengan Dukungan Finansial