Sumber Photo: cyberbotics.com
Sumber Photo: cyberbotics.com

Waktu adalah uang. Ya, seperti itulah kata pepatah lama. Ungkapan ini sangat benar, terutama bagi industri manufaktur. Semakin banyak waktu yang dibuang, semakin banyak biaya yang akan dikeluarkan untuk membuat produk dan semakin sedikit keuntungan bisnis yang bisa didapatkan. Namun sebaliknya, semakin Anda melakukan pekerjaan dengan lebih efisien, maka semakin besar juga manfaat yang akan didapatkan.

Untuk membantu meningkatkan efisiensi proses bisnis di lantai produksi, berikut 5 tips yang bisa dilakukan:

1. Memberikan pelatihan kepada karyawan

Banyak inefisiensi terjadi di lantai produksi karena kurangnya pemahaman dari para karyawan di lapangan. Semua orang di perusahaan, perlu tahu produk perusahaan, mulai dari jalur perakitan hingga ke ruang direksi. Itulah mengapa perusahaan harus berinvestasi pada program pelatihan karyawan untuk memastikan mereka menyelesaikan pekerjaannya dengan seefisien mungkin.

2. Cari celah untuk mengurangi downtime

Setiap menit yang terbuang tanpa melakukan aktivitas kerja, merupakan satu menit yang terbuang sia-sia. Cobalah menemukan cara untuk meminimalkan downtime. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

Melacak segala jenis aktivitas: tanpa perencanaan yang tepat dan terdokumentasi, membuat keputusan tentang efisiensi akan menjadi hal yang cukup rumit. Cobalah bekali diri Anda dengan pengetahuan dengan melacak berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk tugas masing-masing dan berapa banyak waktu yang terbuang. Kemudian, ketika Anda mencoba untuk mengatasi masalah tersebut, kemudian cobalah cari perubahan apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi downtime.

3. Otomatisasi dimanapun yang memungkinkan

Banyak bagian dari bisnis yang dapat diotomatisasi tanpa mengorbankan kualitas. Misalnya, jika Anda menggunakan e-commerce atau solusi kontrol persediaan, Anda bisa meminimalkan jumlah jam kerja masuk. Hal ini juga berlaku untuk area lain di perusahaan. Lihatlah proses apa lagi yang dapat diotomatisasi untuk menghemat waktu dan biaya.

Baca juga  Kesederhanaan Sekaligus Kekuatan Siklus PDCA yang Tersembunyi dan Jarang Disadari!

4. Meminimalkan komplain pelanggan

Layanan pelanggan menjadi hal yang sangat penting dalam industri apapun. Untuk bisa meminimalkan komplain pelanggan, Anda bisa mengoptimalkan layanan bagi pelanggan dengan cara manual. Misalkan, melalui portal online, di mana semua pertanyaan sederhana dari pelanggan dapat dijawab. Atau membuat status pesanan produk yang tersedia secara online sehingga pelanggan tetap mendapatkan update.

5Memberdayakan manajer

Delegasikan beberapa peningkatan efisiensi untuk manajer dengan memberi mereka tools yang mereka butuhkan untuk melakukan aksi perubahan yang nyata. Sehingga ketika mereka menemukan inefisiensi atau waste, mereka mampu melakukan sesuatu tanpa perlu melalui birokrasi yang rumit. Hal ini tentu saja akan mempercepat proses efisiensi dan meningkatkan operasional perusahaan.***