Bagi pemilik atau pelaku bisnis, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah memaksimalkan setiap detik setiap harinya. Sayangnya, kebanyakan pemimpin bekerja secara non-stop, sehingga penambahan waktu bukanlah sebuah opsi. Namun sebaliknya, para pemimpin harus mengetahui bagaimana menggunakan waktu mereka secara lebih baik.

Kebanyakan pemimpin membawa etos kerja yang sangat kuat tanpa memiliki cukup pengalaman dan sifat disiplin yang diperlukan untuk menjadi produktif. Namun, sebenarnya terdapat beberapa trik yang dapat membantu semua pemimpin dan bahkan pengusaha mendapatkan hasil yang maksimal dari waktu yang mereka habiskan. Trik tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tuliskan tujuan – baik yang besar maupun yang kecil

Mungkin terlihat mudah, namun masih ada banyak orang yang mengabaikan pentingnya menentukan suatu tujuan. Gunakan jurnal untuk mengorganisir segala hal yang akan menjadikan lebih mudah ketika melakukan peninjauan dan melihat progres kerja, juga apa saja yang belum dilakukan. Jangan lupakan juga tujuan jangka pendek yang sama-sama memiliki peran yang signifikan, karena tujuan jangka pendek merupakan langkah awal untuk realisasi tujuan yang lebih luas.

[cpm_adm id=”10097″ show_desc=”no” size=”medium” align=”right”]

  1. Manfaatkan teknologi

Banyak teknologi yang mengklaim untuk menjadikan hidup lebih simpel, baik untuk pengembangan pribadi maupun perluasan profesional. Namun, tidak semua aplikasi teknologi harus digunakan, pastinya ada yang tidak bermanfaat pula untuk kepentingan profesional perusahaan.

  1. Delegasikan tugas

Terlalu berperan dalam segala  tugas dari seluruh bagian perusahaan akan menyebabkan sangat sulit mencapai tanggung jawab yang sebenarnya. Delegasikan tanggung jawab dan kepercayaan kepada tim akan menjadikan pekerjaan menjadi lebih cepat terselesaikan.

  1. Ambil jeda

Bekerja tanpa henti mungkin terlihat seperti cara yang paling baik untuk mengembangkan bisnis, tetapi sebenarnya hal tersebut dapat membuat orang menjadi kontraproduktif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengambil jeda singkat secara berkala tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat, tetapi juga membantu diri menjadi lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaan.

  1. Pahami arti sukses
Baca juga  Telah Terbit Edisi Terbaru, THE 5 RIGHT APPROACH: Your Path to Excellent Project Improvement

Cara termudah untuk kehilangan produktivitas adalah ketika orang merasa kerja keras mereka tak diakui – bahkan sebagai pemimpin tim sekaligus. Luangkan sejenak waktu untuk merayakan keberhasilan, meski hanya dengan memotivasi dan memberikan semangat yang lebih baik untuk mencapai tujuan berikutnya.

  1. Buat rencana satu hari sebelumnya

Adanya rencana yang telah dibuat sehari sebelumnya akan menjadikan diri lebih produktif dalam menjalankan rencana tersebut keesokan harinya. Nantinya akan lebih mudah untuk melakukan peninjauan tentang hasil yang telah dicapai pada hari ini untuk kemudian membuat rencana baru untuk hari berikutnya. Tidak adanya rencana yang matang hanya akan membuat seseorang mencari tahu apa yang harus dilakukan hari ini.

 

Sumber: entrepreneur.com