OPEXCON Project Competition adalah ajang kompetisi proyek inovasi dan improvement paling bergengsi di Indonesia yang diselenggarakan oleh SHIFT Indonesia, media pertama di Indonesia yang menyajikan referensi dan informasi terkini di bidang continuous improvement

Melalui OPEXCON, SHIFT Indonesia mengajak perusahaan-perusahaan di Indonesia lebih peduli terhadap pentingnya inovasi dan improvement bagi masa depan bisnis utamanya untuk meningkatkan daya saing perusahaan. 

2. Sejak kapan kompetisi ini diselenggarakan?

OPEXCON Project Competition sudah diselenggarakan sejak tahun 2012. SHIFT Indonesia secara konsisten menghadirkan event ini setiap tahunnya, termasuk di saat pandemi dengan beberapa agenda yang disesuaikan. Tahun 2023 ini menjadi tahun ke-12 penyelenggaraan OPEXCON. 

3. Apa manfaat perusahaan mengikuti OPEXCON?

Dengan mengikuti OPEXCON Project Competition, peserta akan mendapatkan banyak manfaat besar diantaranya:

1. Mengasah skill dan pengetahuan tim yang menjalankan proyek sehingga ke depan hasil inovasi dan improvement yang dilakukan bisa jauh lebih besar dampaknya bagi organisasi

2. Memotivasi dan memacu seluruh karyawan lain untuk melakukan inovasi sehingga inovasi bisa menjadi budaya organisasi

3. Sebagai ajang benchmark untuk mengetahui sejauh mana posisi pencapaian improvement perusahaan di banding perusahaan-perusahaa lain di Indonesia

4. Selain berkompetisi, para peserta juga berkesempatan meningkatkan pengetahuan dan skill inovasi mereka melalui workshop secara gratis

5. Mengikuti OPEXCON adalah bentuk apresiasi dari perusahaan kepada team perusahaan yang berhasil melakukan inovasi dan improvement.

4. Siapa saja yang bisa menjadi peserta OPEXCON Project Competition?

Semua perusahaan di Indonesia, baik itu perusahaan BUMN maupun swasta.

5. Kenapa banyak perusahaan yang tertarik mengikuti OPEXCON Project Competition?

OPEXCON Project Competition merupakan salah satu agenda penting yang tidak pernah dilewatkan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin memajukan bisnisnya. Kenapa penting? Jawabannya karena hanya disinilah proyek perbaikan atau inovasi Anda bisa dinilai, apakah sudah benar-benar berkualitas dan cukup terjaga budaya continuous improvementnya. Kompetisi ini memiliki serangkaian proses penjurian yang bermutu. Penilaiannya pun tidak sembarangan karena melibatkan dewan juri profesional, baik dari akademisi, praktisi, dan kemenperin. Tentunya yang memahami metode dan juga telah berpengalaman dalam menjalankan continuous improvement.

6. Siapa saja yang menjadi Juri di OPEXCON Project Competition?

Baca juga  Ukir Sejarah Keunggulanmu di OPEXCON Project Competition 2024

Dewan Juri OPEXCON Project Competition mengusung konsep Triple Helix Academic-Business-Government (ABG). Akademisi merupakan perwakilan dari universitas terbaik di Indonesia (UI dan ITB); Bisnis disini adalah Profesional dari konsultan bisnis terbaik, SCCX International; dan Pemerintah yang diwakili oleh Kementerian Perindustrian. Berikut daftarnya: 

– Prof. Dr. Ir. Dradjad Irianto M. Eng, dari Institut Teknologi Bandung

– Prof. Isti Surjandari, Ph.D, CQE, IPU, dari Universitas Indonesia 

– Catur Basuki Rakhmawan, ST, M.SE, dari Kementerian Perindustrian RI

– Siti Afiani Musyarofah, STP, MT, dari Kementerian Perindustrian RI 

– Sigit Iman Santoso,S.Si , CSSBB, dari SSCX International

– Meilan Agustin, S.T., M.T. dari SSCX International

– Riyantono Anwar, S.T., M.T. dari SSCX International

7. Apa saja kategori yang dikompetisikan dalam OPEXCON Project Competition?

Berikut adalah kategori project dalam OPEXCON Project Competition, adapun kategori dibagi berdasarkan jenis industrinya:

1. Kategori Manufaktur (Otomotif, Industri Makanan dan Minuman, Semicon, Elektronik, Plastik dan Kemasan, Farmasi, Kertas, Tekstil, dan sebagainya)

2. Kategori Pelayanan dan Jasa (Perbankan, Asuransi, Hotel, Retail, Telekomunikasi, Startup, dan sebagainya)

3. Kategori Pertambangan dan Energi (Pertambangan, Minyak dan Gas Bumi, Energi, Plantation, dan sebagainya)

8. Apa saja kriteria project yang bisa mengikuti OPEXCON?

– Project improvement yang dijalankan dengan menggunakan metode perbaikan: PDCA/QCC, Six Sigma (DMAIC), Lean/ Kaizen, Design Thinking, Agile atau metode inovasi lainnya dan telah selesai diimplementasikan. 

– Project tersebut belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi OPEXCON tahun-tahun sebelumnya. 

9. Bagaimana cara mendaftar kompetisi ini?

Pendaftaran bisa dilakukan melalui email info@shiftindonesia.com atau WA/Phone di +62 87857630200.

10. Berapa biaya pendaftaran, kapan pendaftaran akan ditutup, dan apa saja benefit yang didapat?

Baca juga  Bangkitkan Energi Perubahan dengan Benchmarking di OPEXCON 2024

Biaya pendaftaran OPEXCON Project Competition 2023 adalah Rp 3.500.000 per project. Harga early bird ini berlaku hingga tanggal 30 April 2023. Biaya pendaftaran ini sudah termasuk tiket untuk mengikuti: 

1. OPEXCON Workshop untuk Project Leader 

2. OPEXCON Final Presentation untuk Project Leader dan team

3. OPEXCON Conference and Award 2023 untuk Project Leader dan Perwakilan Top Management 

Pendaftaran tetap dibuka hingga tanggal 31 August 2023 dengan harga normal Rp 3.950.000 per project. 

11. Berapa maksimal project yang bisa disubmit Perusahaan ke OPEXCON Project Competition?

Tidak ada batasan jumlah project, perusahaan bisa mendaftarkan Project sebanyak-banyaknya ke OPEXCON Project Competition.

12. Apa yang harus dilakukan setelah melakukan pendaftaran?

Setelah melakukan registrasi, Peserta akan mendapatkan template project report dan project summary dari komite OPEXCON. Setelah dilengkapi, peserta wajib mengirimkan materi tersebut kepada komite OPEXCON bersamaan dengan video presentasi dengan panjang durasi 15 menit yang telah direkam (presenter adalah project leader) selambatnya tanggal 15 September 2023.

13. Bagaimana mekanisme penjuriannya?

Penjurian OPEXCON Project Competition 2023 akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 secara offline/ online akan disesuaikan dengan kondisi dan kebijakan pemerintah. Komite akan membagikan agenda presentasi selambatnya 7 hari sebelum pelaksanaan penjurian. Project leader wajib mengikuti sesi penjurian, komite tidak akan menjadwalkan ulang peserta yang tidak hadir. Hasil penjurian Dewan Juri bersifat mutlak.

14. Bagaimana dengan keamanan informasi project yang telah disubmit?

SHIFT Indonesia selaku penyelenggara OPEXCON Project Competition berkomitmen tinggi terhadap keamanan data dan informasi yang telah dikirim. Semua data dan informasi hanya akan digunakan untuk keperluan penjurian, semua pihak terkait akan menandatangani perjanjian kerahasian informasi (NDA).

Baca juga  Ukur Kualitas Improvementmu di OPEXCON, Pendaftaran Sudah Dibuka!

15. Kapan keputusan pemenang akan diumumkan?

Pemenang kompetisi OPEXCON akan diumumkan secara langsung di acara tahunan SHIFT Indonesia bertajuk Indonesia Operational Excellence Conference and Award yang akan diadakan secara offline pada bulan November 2023. 

16. Apakah Perusahaan kami bisa menjadi sponsor di OPEXCON?

Tentu saja bisa, SHIFT Indonesia terbuka untuk bekerjasama dengan Perusahaan Anda untuk mendukung kesuksesan OPEXCON. Hubungi tim kami di email info@shiftindonesia.com atau WA/Phone di +62 87857630200 untuk informasi lebih lanjut.