Sering mendengar istilah Digitisasi, Digitalisasi, dan Transformasi Digital namun masih belum tahu perbedaannya? Ketiga istilah dalam proses digital ini memiliki arti yang berbeda satu sama lain, namun tidak sedikit yang menganggapnya sama. Sebenarnya apa saja perbedaannya, langsung saja kita bahas disini!

Digitisasi

Digitisasi yaitu proses mengkonversi dari analog menuju digital. Jadi berbagai macam informasi dan data yang tadinya bersifat manual dan konvensional dipindahkan dalam format digital. Contoh sederhananya misal dashboard di mobil dulu menggunakan indikator penunjuk kecepatan yang berbentuk jarum sekarang diganti menjadi digital.

Digitalisasi

Digitalisasi yaitu ketika semua proses yang ada (tidak hanya tampilan) dapat terhubung secara digital. Mesin satu dan yang lainnya, proses satu dan lainnya akan saling terhubung.

Transformasi Digital

Dalam transformasi digital, proses digitisasi dan digitalisasi diterapkan secara bersamaan. Transformasi digital inilah yang kemudian mengubah bisnis secara signifikan menjadi lebih efisien dan cepat. Salah satu pemicu perubahan menuju transformasi digital menjadi semakin cepat adalah keinginan pelanggan akan kecepatan layanan yang terus meningkat.

Jadi apa perbedaan antara digitisasi, digitalisasi, dan transformasi digital? Transformasi digital adalah rumah besarnya, digitalisasi adalah menguhubungkan proses-proses secara digital, sementara digitisasi lebih kecil lagi tampilannya saja yang terlihat digital.

Nah, setelah tahu perbedaan tiga sekawan “Digitisasi, Digitalisasi, dan Transformasi Digital”, excellent people harus jeli melihat ya, harus tahu saat ini ada berada di tahap mana.

Tertarik mempelajari Industry 4.0? Lembaga pelatihan dan konsultasi SSCX International akan mengadakan pelatihan “Industry 4.0”, 22 – 23 Maret 2021.

Program yang didesain interaktif ini sangat direkomendasikan bagi siapa saja di organisasi yang ingin menjadi “FUTURE LEADER” yang memahami dan menguasai praktik mendasar tentang bagaimana meningkatkan kinerja bisnis melalui Industri 4.0 dan pemanfaatan teknologi baru di dalamnya. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang program pelatihan Industry 4.0 ini di http://wa.me/628175763021.

Baca juga  Langkah Awal yang Dibutuhkan Untuk Memulai Inisiatif Lean

Sumber: Youtube SHIFT Indonesia