Satu hal yang menarik tentang iPad Air 2 adalah bandrol harganya yang hampir sama seperti iPad Air pendahulunya. Dengan perbedaan harga yang sedikit mirip, berapa sebenarnya ongkos produksinya dan keuntungan bersih yang didapatkan oleh Apple dari iPad Air 2 ini?

Seperti dilaporkan oleh Re/code, Apple mengambil keuntungan bersih sebesar 45-57 persen tergantung model iPad Air 2. Keuntungan bersih dari harga iPad Air 2 ini sedikit lebih rendah dari iPad Air edisi pertama yang memberikan Apple keuntungan bersih mulai dari 45-61 persen.

Biaya produksi iPad Air 2 ini juga dilaporkan sangat rendah ketimbang harga asli di pasaran mulai dari $499-$829. Berdasarkan hasil temuan periset IHS mengungkapkan bahwa ongkos produksi model iPad Air 2 16GB Wifi sebesar $275 dan model iPad Air 2 128GB LTE adalah sebesar $358.

Selain itu, harga komponen layar iPad Air 2 ini juga lebih murah daripada harga layar iPad Air tahun lalu. Harga layar iPad Air 2 adalah sebesar $77, sementara layar iPad Air pertama adalah $90.

Hal mengejutkan dalam temuan ini adalah Apple mengambil keuntungan yang sangat besar untuk harga komponen memori iPad Air 2 ini. Buat memori 16GB, Apple mengeluarkan biaya hanya $9.20 dan $60 buat memori 128GB. Sebagai perbandingan iPad Air 2 dengan kapasitas storage 128GB, Apple membandrolnya hingga $300 lebih mahal.***

Sumber: makemac.com

Baca juga  Pentingnya Assessment Sebelum Implementasi Project