Sebuah kesalahan fatal jika Anda sebagai ahli dalam bidang bisnis menganggap branding dan marketing adalah dua hal yang sama atau serupa. Sama sekali tidak. Lantas, apa beda antara keduanya? Mengapa branding sangat penting dalam marketing?

Saat Anda dengan aktif mempromosikan produk atau layanan Anda, menekankan pesan bahwa produk Anda lebih baik daripada produk lainnya, meyakinkan kepada konsumen bahwa layanan Anda lebih memuaskan daripada layanan lainnya, ini bukan branding, yang Anda lakukan adalah sebuah taktik marketing.

Sementara, branding mendukung taktik marketing yang Anda lakukan. Branding mendorong konsumen Anda untuk membeli produk Anda. Branding tidak secara eksplisit mengatakan “belilah saya!” tetapi lebih mengemukakan identitets produk, “inilah saya, inilah alasan mengapa saya hadir, jika Anda setuju, Anda bisa membeli saya, dan rekomendasikan saya kepada teman-teman Anda,”

• Marketing adalah taktik, branding adalah strategi
• Marketing mengaktifkan pembeli, branding menciptakan pelanggan setia
• Marketing menghasilkan uang, branding mengeluarkan uang namun untuk return bernilai tinggi: kesetiaan pelanggan

Pentingnya branding dalam marketing Anda

Sebuah brand yang kuat berjuang memperkuat produk Anda di mata konsumen setiap saat. Sangat penting untuk berinvestasi dalam meneliti, mendefinisikan, dan membangun merek Anda. Karena pada dasarnya, brand Anda adalah sumber kepercayaan konsumen terhadap produk Anda

Branding juga berfungsi sebagai panduan untuk memahami tujuan bisnis Anda. Lewat branding, Anda menyelaraskan rencana pemasaran dengan tujuan-tujuan tersebut dan memenuhi strategi secara menyeluruh.

Tidak hanya bekerja sebelum pembelian terjadi, branding bekerja selama produk Anda berada di tangan konsumen. Apakah produk atau jasa Anda seperti yang diharapkan? Apakah kualitasnya baik seperti yang dijanjikan? Bagaimana pengalaman yang dirasakan selama penggunaan produk atau layanan Anda? Jika Anda bisa mendapatkan jawaban positif atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda telah menghasilkan pelanggan setia.

Baca juga  Inspirasi dari Lapangan: Pelajaran Operational Excellence dari Permainan Basket

Tidak hanya menciptakan pelanggan setia, sebuah brand yang baik juga menciptakan karyawan yang loyal. Brand Anda dapat memberi mereka sebuah kepercayaan, sesuatu yang dapat dipegang.

Checklist Evaluasi Brand Anda

Kini Anda telah memahami beda marketing dengan branding. Sekarang saatnya mengevaluasi apakah brand Anda telah cukup kuat dan memberikan nilai yang Anda butuhkan dalam pemasaran Anda.

• Apakah brand Anda berhubungan dengan target audiens Anda? Apakah mereka akan langsung memahami produk Anda tanpa terlalu banyak berpikir?
• Apakah brand Anda menyampaikan keunikan yang Anda tawarkan dan alasan mengapa hal itu penting?
• Apakah brand Anda mencerminkan janji yang Anda buat untuk target audiens Anda?
• Apakah brand Anda dengan jelas mencerminkan nilai-nilai yang ingin Anda representasikan kepada pelanggan?

Jadikan pertanyaan-pertanyaan ini berfungsi sebagai pedoman dalam pengembangan merek Anda. Jika Anda mendapati jawaban-jawabannya tidak jelas, Anda dapat kembali berpikir ulang dan menyempurnakan proses branding. Idealnya, sebuah brand harus dapat langsung membuat audiens mengerti dan berkata “aha!” tanpa harus banyak berpikir.