Ford Motor Company diberitakan akan mengumumkan CEO baru, Mark Fields, untuk menggantikan CEO saat ini, Alan Mulally di tahun 2014 ini.

Seperti dilansir dari Industryweek, posisi Fields sebagai CEO baru Ford diperkirakan akan dimulai di akhir tahun ini. Informasi ini berdasarkan laporan dari Wall Street Journal, Senin lalu. Sementara menurut sumber lain yang tidak disebutkan, Ford secara resmi akan mengumumkan tanggal pensiun Mulally di awal Mei ini. Juru bicara Ford sendiri belum memberikan komentar soal pemberitaan yang sudah beredar luas di media. Mereka menegaskan,  “Tidak ada yang berubah dari pengumuman sebelumnya.”

Pada Desember 2012, Ford telah lebih dulu mengumumkan Mark Fields (53) sebagai CEO barunya. Tapi, Ford belum mengumumkan kapan tanggal pasti Mulally akan pensiun dari sana.

Terkait tanggung jawab melakukan pengembangan strategis dalam tubuh Ford, Mulally mengatakan kalau dia akan tetap di Ford, setidaknya sampai 2014. Tapi, dia sengaja tidak memberitahukan kapan dia akan pensiun. Susan Krusel, juru bicara Ford mengatakan perusahaan tidak akan mengomentari spekulasi mengenai pergantian Mulally dengan Fields. Dia menambahkan, bahwa Ford pasti akan mengumumkan sesuatu yang baru agar semua orang tahu. “Jika ada yang berubah, kami akan membiarkan semua orang tahu,” kata Krusel.

Selama memimpin Ford sebagai CEO, Mulally yang juga pernah menempati posisi puncak di Boeing, berhasil membantu raksasa otomotif itu terhindar dari bailout pemerintah selama krisis keuangan dan menjadikan Ford menempati posisi ke-2 dengan pertumbuhan penjulan yang mengesankan. Selain itu, masih di bawah kepemimpinan Mulally, di tahun 2013 Ford berhasil meningkatkan laba perusahaan sebesar 26,3% menjadi $7,2 miliar.

Soal pemberitaan yang menyebutkan Mulally sebagai calon untuk memimpin Microsoft, di akhir 2013, pemberitaan tersebut akhirnya menemukan jawaban. Raksasa software tersebut ternyata sudah menunjuk Satya Nadella sebagai CEO barunya.***RR

Baca juga  Mengapa Dukungan untuk Pejuang Inovasi Itu Penting?