Sama-sama sebagai alat ukur untuk menguji peningkatan kualitas produk atau pelayanan pada perusahaan, namun kedua sistem ini memiliki cara kerja berbeda ya excellent people. Menurut Thomas Pyzdek, penulis buku The Six Sigma Handbook, perbedaan pentingnya adalah sebagai berikut:

Perbedaan TQM dan Six Sigma

TQM Six Sigma
Lebih fokus pada kualitas, tanpa terlalu memperhatikan isu bisnis kritis lainnya.Menggunakan isu biaya, cycle time, dan isu bisnis lainnya sebagai bagian yang harus diperbaiki
Implementasi Total Quality Control menciptakan pemahaman bahwa masalah kualitas adalah masalahnya departemen Quality ControlSix Sigma menciptakan change agent tidak hanya dari Quality Department. Green Belt adalah para operator yg bekerja pada proyek Six Sigma sambil mengerjakan tugasnya
Penekanan umumnya pada standar minimum kualitas produk, bukan pada bagaimana meningkatkan kinerja produk.Six sigma memadukan semua tujuan organisasi dalam satu kesatuan. Kualitas hanyalah salah satu tujuan, dan tidak berdiri sendiri atau lepas dari tujuan bisnis lainnya

Six Sigma Strategi yang Komprehensif

Six Sigma juga disebut sistem komprehensif yang memiliki strategi karena terfokus pada peningkatan kepuasan pelanggan, kemudian memiliki disiplin ilmu karena mengikuti model formal yaitu DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control).

Dalam implementasi Six Sigma, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh perusahaan karena besar pengaruhnya terhadap keberhasilan. Faktor tersebut adalah:

1. Dukungan penuh top level

Agar implementasi berhasil, diperlukan dukungan penuh dari top management.

2. Tim yang solid

Adanya orang-orang yang terlatih, seperti para Executive Champion, Deployment Champions, dan Project Champions yang mampu mengerjakan proyek Six Sigma dengan baik.

3. Program training yang berkualitas dan ter-update

Para anggota pelaksana program Six Sigma selalu mendapatkan pelatihan khusus yang ditujukan untuk kesuksesan pelaksaan metode Six Sigma dalam perusahaan.

Baca juga  Gali Akar Masalah Untuk Temukan Solusi Paling Efektif

Bagaimana? Semakin mantap untuk mengimplementasikan Six Sigma pada perusahaan Anda? Kunjungi www.sscxinternational.com untuk mengatur jadwal konsultasi dari ahlinya atau bisa langsung terhubung di 08175763021 untuk mendapatkan agenda pelatihan Six Sigma dari SSCX.