“Di dunia di mana teknologi digital kini semakin kecil, semakin murah dan ada di mana-mana, kita perlu melihat bagaimana teknologi mengubah apa yang diinginkan para tamu, dan coba kita ikuti” – CEO Starwood Hotel, Frits Van Paasschen

Inovasi untuk mempermudah dan mempercepat proses terus dilakukan. Tidak terkecuali di industri hospitality. Sebuah program aplikasi kini mampu membuat proses check-in di hotel lebih cepat. Tipikal proses check-in yang lama adalah; para tamu, baru akan mendapatkan kunci kamar setelah mereka menyelesaikan prosedur check-in di meja depan. Hal ini ternyata tidak dibutuhkan lagi. Starwood Hotels & Resorts mengembangkan sebuah program aplikasi yang membiarkan tamu membuka pintu hanya dengan ponsel. Starwood membuat program aplikasi yang diberi nama Starwood Preffered Guest (SPG). Sehingga para tamu hotel bisa langsung pergi ke kamar tanpa harus melakukan proses check-in di meja resepsionis.

Aplikasi SPG bekerja dengan menggunakan koneksi data Bluetooth. Para tamu hotel yang datang akan diarahkan untuk mendaftarkan smartphone mereka melalui aplikasi SPG tersebut. Setelah smartphone mereka berhasil terdaftar, para tamu akan mendapatkan pengalaman menggunakan aplikasi SPG dan fitur-fitur apa saja yang tersedia saat mereka ingin mereservasi ruangan.

SPG mengizinkan pengguna untuk memilih jenis perjalanan mereka, misal untuk keperluan bisnis atau liburan. Hal ini bertujuan untuk mengaktifkan dan memastikan bahwa ponsel mereka sudah terdaftar di SPG. Setelah itu, para pengguna akan menerima notifikasi jika ada ruangan yang tersedia. Informasi yang mereka terima berupa nomor ruangan dan potensi upgrade.

Teknologi ini secara otomatis dan aman membiarkan tamu untuk check-in, dan membiarkan mereka langsung pergi ke ruangan tanpa harus menunggu untuk mendapat kunci. Para tamu hanya perlu membuka aplikasi SPG di smartphone mereka dan menempelkannya di depan sensor pintu kamar.

Baca juga  Tantang Diri Anda di OPEXCON Project Competition 2024!

Mark Vondrasek pengawas program loyalitas dan inisiatif di Starwood mengatakan bahwa para tamu menginginkan hal ini (proses check-in lebih cepat) karena itu membuat hidup mereka lebih mudah.

“Para tamu memang menginginkan hal ini karena ini memudahkan hidup mereka. Kemudahan untuk bisa langsung pergi ke kamar hotel yang mereka pesan, memberikan mereka banyak waktu,” kata Mark. InterContinental Hotels Group kabarnya pun sudah melakukan program pilot (uji coba) aplikasi tersebut di 60 hotel.***