Dengan menggunakan data analysis yang benar, pemimpin bisnis dapat memperoleh wawasan yang lengkap yang mereka butuhkan untuk membuat suatu keputusan bisnis yang lebih tepat. 

Misalnya, dengan menganalisis korelasi antara data tenaga kerja, keuangan, dan kinerja operasional, Anda dapat mengidentifikasi fasilitas produksi manakah di organisasi Anda yang paling efisien dan hemat biaya. Berikutnya, Anda juga bisa tahu produk mana saja yang tidak memberikan keuntungan bagi bisnis. Dari data ini Anda dapat mengatur ulang proses produksi atau bahkan menghentikan produksi untuk produk tertentu.

Ya tepat sekali, data sangatlah penting bagi bisnis. Namun banyak perusahaan yang kesulitan untuk menemukan atau mengakses data. Lebih lanjut lagi ketika data tersebut sudah mulai tersedia, sebaliknya kemampuan individu untuk menggunakan atau mengolah data tersebut belum tersedia. Sehingga upaya yang dilakukan bisa memakan waktu berhari-hari atau bahkan lebih lama lagi. Menguasai metode statistik dan teknis data analysis dapat membantu Anda menjawab tantangan ini.

Dari data menjadi keputusan

Di dunia big data seperti saat ini, jumlah, kecepatan, dan variasi data semuanya meningkat dengan kecepatan yang eksponensial. Sehingga, kemampuan untuk memahami makna sebenarnya dari semua data dan dampak yang dihasilkannya bagi bisnis semakin tambah penting.

Penentuan data yang dikumpulkan dan seberapa sering pengumpulannya akan bergantung pada sifat data dan penggunaan akhirnya. Misalnya, jika data Anda digunakan untuk pengukuran statistik, Anda mungkin perlu menggunakan strategi pengambilan sampel untuk meminimalkan upaya pengumpulan data.

Setelah data didapat dan analisis dilakukan maka berikutnya adalah menindaklanjuti gagasan yang ditemukan dari dua proses tersebut. Analisis hebat tidak akan pernah berguna jika tidak dapat ditindaklanjuti. Pada tahap ini, para pengambil keputusan harus terlibat mulai dari manajer hingga level eksekutif. Pastikan mereka dapat mengakses wawasan yang ditemukan tersebut secara real-time untuk kemudian membuat keputusan yang dibutuhkan.

Baca juga  3 Etos Kerja Orang Jepang yang Bikin Cepat Sukses

Excellent people, itu tadi gambaran singkat tentang alur pemanfaatan data untuk mengambil keputusan operasional atau bisnis. Faktanya, untuk melakukan tugas ini karyawan perlu memiliki pemahaman statistik seperti melakukan data sampling dan keterampilan menganalisa data yang mendukung dan termasuk menginterpretasikan hasil temuan. Untuk itu, perusahaan perlu memberikan dukungan pelatihan Practical Statistics dan Data Analysis yang profesional dan berkualitas kepada karyawannya.