Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mendapatkan penghargaan sebagai Perempuan Indonesia Pendorong Inovasi pada puncak peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia  2023 dari Kementrian Hukum dan HAM RI yang bertema Perempuan Indonesia Kreatif dan Inovatif: Ekonomi Tangguh yang selaras dengan tema global Women and IP: Accelerating Innovation and Creativity, 17 Mei 2023.

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada tokoh, baik inventor, inovator, pencipta, maupun lembaga yang telah memberikan kontribusi dalam memajukan sistem kekayaan intelektual nasional melalui berbagai prestasi dan karya terbaik mereka di dalam bidang kekayaan intelektual,” kata Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly.

Ia mengatakan,  menciptakan, memanfaatkan, dan mengembangkan merupakan sebuah pola ekosistem yang sudah dijalankan di negara-negara maju. “Siapa pun bisa menikmati, menggunakan, namun tetap pada tujuan untuk membangun ekonomi negaranya,”   tambah Yasonna.

Bagi Pertamina, inovasi, riset, dan teknologi yang digerakkan oleh seluruh pekerja Pertamina telah menjadi tulang punggung perusahaan agar bisa memberikan nilai tambah dalam mendukung pengembangan bisnis baru guna menghadapi kebutuhan energi di masa depan.   

“Saya selalu mengajak direksi, manajemen Pertamina grup dan seluruh pekerja  untuk selalu memberikan motivasi, dukungan serta apresiasi kepada Perwira Pertamina yang melakukan inovasi, karya, serta peluang-peluang bisnis baru,” kata Nicke Widyawati Direktur Utama Pertamina. 

Nicke menyampaikan, inventor adalah pondasi utama.  Sehingga peran dari inventor atau penemu menjadi sangat penting serta berharap kepada Pemerintah agar terus dapat memberikan wadah atau forum untuk kesempatan serta kemudahan bagi para inventor agar dapat mengembangkan inovasi.

“Tak kalah penting adalah dukungan terhadap percepatan proses perlindungan karya inovasi yang dihasilkan dapat menjadi semangat untuk  peningkatan ekosistem pengembangan inovasi, serta memberikan wadah bertemunya inventor dan industri, sehingga karya hasil inovasi dapat dikomersialisasikan menjadi nilai tambah” Pungkas Nicke.

Baca juga  Pengaturan Komprehensif Pemanfaatan AI Diperlukan untuk Lindungi Hak Cipta Karya Media