Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2015 hanya 4,71%. Angka tersebut jauh lebih rendah dari periode tahun sebelumnya yang mencapai 5,14%. Melambatnya ekonomi kali ini bukan hanya terjadi di Indonesia tapi juga hampir seluruh dunia. Berbanding terbalik dengan pertumbuhan industri terutama non migas yang bergerak diatasnya yaitu sebesar 5,21%.

Perlambatan ekonomi tentu membawa dampak besar bagi berbagai industri di Indonesia. Menurut data dari Kementerian Perindustrian menyebutkan cabang industri yang tumbuh tinggi pada kuartal I 2015 antara lain, Industri Kimia, Farmasi dan Obat Tradisional sebesar 9,05%, Industri Logam Dasar sebesar 8,66%, Industri makanan dan minuman sebesar 8,16% serta industri barang logam, komputer, barang elektronik, optik dan peralatan listrik sebesar 8,14%. Selain itu iklim usaha dan investasi nasional tetap prospektif. Menurut beberapa pakar, untuk menstabilkan situasi industri Tanah Air, pemerintah perlu tegas dalam pemberian subsidi kepada industri.

Namun tantangan yang dihadapi pelaku industri bukan hanya faktor ekonomi saja. Melemahnya nilai rupiah terhadap dolar, harga BBM, kebijakan pemerintah seperti pembangunan pembangkit listrik 35000 MW atau mengadakan kerjasama IKM antara Indonesia dengan negara FORSEAA tentu membawa dampak yang variatif terhadap masing-masing industri. Tekanan demi tekanan yang dihadapi industri di Indonesia seringkali berujung pada PHK masal, atau bahkan perusahaan yang gulung tikar. Lalu langkah apa yang perlu diambil perusahaan Indonesia?

Pada Opexcon15 tahun ini, pakar ekonomi Faisal Basri akan kembali memberikan insight mengenai dampak-dampak yang mungkin dirasakan pelaku industri di Indonesia, termasuk bagaimana harus menyikapinya. Faisal Basri juga akan memberikan prediksi ekonomi Indonesia tahun 2106, berbagai tantangan dan peluang di era MEA, yang dapat langsung diramu menjadi strategi yang tepat untuk survive, bahkan meningkatkan profitabilitas dan daya saing global oleh para pelaku industri di Indonesia!***

Baca juga  Mindset, Framework, dan Tools Improvement Terbaru Dibahas Disini!

SAVE THE DATE! Indonesia Operational Excellence Conference and Award 2015. Senin, 12 Oktober 2015. Informasi dan pendaftaran: www.opexcon.com

opexcon15