Memasuki Revolusi Industri ke-4, pelaku bisnis mendapatkan tantangan tersendiri dalam menumbuhkembangkan perusahaan. Studi Microsoft menunjukkan bahwa transformasi digital menjadi masa depan untuk mendorong pertumbuhan perusahaan di Asia Pasifik termasuk Indonesia.

Definisi transformasi digital sendiri dimaknai berbeda antara organisasi satu dengan yang lainnya. Untuk membantu Anda, Microsoft menjabarkan definisi tersebut ke dalam 4 pilar:

1. Memprioritaskan pelanggan: Teknologi memungkinkan organisasi untuk menganalisis dan memahami karakter konsumen dengan lebih baik, sehingga organisasi dapat memprediksi kebutuhan konsumen dan menjawab kebutuhan tersebut secara personal.

2. Memberdayakan karyawan: Dalam rangka menjawab kebutuhan konsumen secara lebih personal, karyawan organisasi perlu bekerja dengan lebih cepat. Teknologi pun hadir untuk mendukung karyawan dalam melakukan pekerjaan secara mobile, sehingga karyawan dapat bekerja dari mana saja, kapan saja, dan dengan menggunakan perangkat apa saja. Walaupun karyawan tidak bekerja di tempat dan waktu yang sama, karyawan dapat tetap bekerja secara kolaboratif.

3. Mengoptimalkan kegiatan operasional: Hadirnya teknologi mampu membantu proses pengumpulan, pengolahan, dan analisis data, sehingga dapat mempercepat proses pengambilan keputusan. Sebagai hasilnya, efektivitas dan efisiensi kerja organisasi akan semakin meningkat.

4. Transformasi produk dan model bisnis: Dalam rangka menghadirkan pengalaman yang berbeda bagi kosumen, organisasi perlu mendefinisikan ulang jenis produk dan model bisnis yang ditawarkan agar berbeda dari kompetitor lainnya. Pengintegrasian teknologi ke dalam produk dan model bisnis organisasi akan menghadirkan wajah baru bagi organisasi dan semakin mendekatkan organisasi dengan kebutuhan konsumen di era digital.

Kalau kita menilik Teori Evolusi, dimana mekanisme seleksi alam akan menentukan kelangsungan suatu kehidupan. Nampaknya hal ini juga berlaku untuk bisnis Anda. Anda harus mampu beradaptasi dengan permintaan pasar yang sangat dinamis. Kita tidak bisa memungkiri bahwa teknologi bukanlah kebutuhan masa depan tapi sekarang juga.

Baca juga  Ukur Kualitas Improvementmu di OPEXCON, Pendaftaran Sudah Dibuka!

Anda harus mempersiapkan organisasi Anda untuk menghadapi gempuran era digital. Empat pilar di atas akan membantu Anda untuk memahami apa itu transformasi digital sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya dalam berinovasi.