SHIFT SSCX News iPhone 6

Berita seputar iPhone generasi selanjutnya alias iPhone 6, kali ini datang dari mitra lama Apple, Foxconn.

Sebagai mitra utama Apple yang sudah cukup lama, Foxconn sebelumnya sudah mengungkapkan akan melakukan adopsi robot dalam memproduksi perangkat Apple.

Selama bertahun-tahun, Foxconn memang telah menyatakan minat untuk mengganti pekerja manusia dengan robot, hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemungkinan iPhone di masa mendatang bisa diproduksi dengan mesin.

Bahkan pada Desember 2012, Foxconn diam-diam mulai menguji sebuah program untuk mengganti pekerja manusia dengan teknologi robot.

Terry Gou, CEO Foxconn seperti dilansir cultofmac.com, mengatakan pada pertemuan pemegang saham bahwa perusahaan mereka telah ‘diatur’ untuk membuat 10.000 robot yang disiapkan untuk membantu proses perakitan.

Terkait dengan laporan dari IT Home, Gou mengumumkan kepada para pemegang saham perusahaan bahwa pasukan robot itu telah memasuki tahap pengujian akhir.

“Robot-robot itu dinamai Foxbot, yang saat ini sudah dalam tahap uji coba final sebelum diperkenalkan ke pabrik,” kata Gou.

Masih menurut Gou, masing-masing robot bisa memproduksi hingga 30 ribu perangkat, dengan kisaran biaya yang dikeluarkan US$20 ribu – 25 ribu setara Rp 238 – 297 juta.

Foxconn saat ini tengah ‘kejar target’ untuk bisa mencapai waktu tenggat rilis iPhone generasi paling baru ini. Tidak main-main, Foxconn bahkan telah melibatkan 100 ribu pekerja baru untuk memperkuat proses perakitan iPhone 6. Produksi perangkat baru iPhone ini dilaporkan siap untuk memenuhi jadwal rilis iPhone 6 pada September nanti.

Jika rencana adopsi robot itu terwujud, itu artinya Apple sekaligus menjadi perusahaan pertama yang menggunakan layanan robot dalam memproduksi produk-produk smart device nya.***RR

new opex web 2

Baca juga  Fakta Menarik yang Perlu Anda Tahu tentang Bisnis