Root Cause Analysis (RCA) adalah metode dengan pendekatan terstruktur yang digunakan untuk mengetahui akar penyebab masalah dalam suatu proses atau sistem.

Tujuan RCA yaitu menghilangkan akar penyebab masalah dan mencegahnya agar tidak muncul kembali (korektif dan preventif)

Sebagai metode problem solving, Root Cause Analysis memberi kita kemampuan untuk mengidentifikasi penyebab masalah sebenarnya melalui serangkaian proses:

  1. Mendefinisikan proses
  2. Memahami proses
  3. Memecahkan masalahnya

3 Pendekatan Penting dalam Melakukan RCA

1. Cause & Effect Diagram atau disebut Fishbone Diagram untuk menganalisa proses ketika banyak kemungkinan penyebab masalah. Fishbone diagram merupakan alat terstruktur untuk melakukan brainstorming, yang dibuat khusus untuk membantu tim mengidentifikasi potensi penyebab masalah. Disebut sebagai fishbone sendiri karena tampilan diagramnya yang menyerupai tulang ikan.

2. Teknik 5 Whys untuk menemukan akar penyebab masalah. 5 whys pertama kali dikenalkan di Toyota Motor Company oleh Sakichi Toyoda, konsep ini diterapkan di seluruh fasilitas manufaktur mereka sebagai strategi untuk pemecahan masalah.

Seperti namanya, 5 whys adalahproses di mana Anda mengajukan pertanyaan “why” lima kali untuk menemukan akar penyebab masalah. Prosesnya dimulai dengan adanya masalah yang telah diidentifikasi dengan jelas, dan kemudian terus menggali dengan bertanya mengapa hal tersebut terjadi sampai menemukan akar masalah yang sebenarnya sehingga tidak terjadi lagi di masa datang.

3. Penggunaan Analisa Data untuk memastikan solusi yang akan diimplementasikan memang efektif menyelesaikan akar penyebab masalah.

Kemampuan dan keterampilan Root Cause Analysis (RCA) dibutuhkan untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam proses kerja secara tepat menggunakan data yang valid. Dengan RCA, Anda tidak lagi mengandalkan intuisi untuk sebuah solusi. Anda akan memiliki kemampuan untuk menemukan KEY DRIVER dalam masalah yang sedang dihadapi dan uji solusi sebelum menerapkannya.

Perusahaan Konsultan Lean Six Sigma SSCX International memiliki program pelatihan Root Cause Analysis (RCA) yang bisa Anda ikuti baik secara in house maupun pubic, keduanya sama-sama difasilitasi oleh konsultan berpengalaman. Informasi program hubungi 08175763021.

Baca juga  Membangun Budaya Keselamatan dengan TPM