Event akbar di dunia Continuous Improvement di Indonesia akhirnya terlaksana dengan sukses pada tanggal 26-27 November 2012 lalu. Indonesia Operational Conference Conference and Award 2012 (Opexcon12) yang digelar di Hotel J.W. Marriott Jakarta menampilkan lima pembicara dari berbagai perusahaan, yang berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam menerapkan berbagai metode improvement di perusahaannya, seperti metode Lean, Six Sigma, TPM, dan sebagainya.

Pada event Opexcon12, diumumkan pemenang yang berhak atas penghargaan Gold, Silver, dan Bronze Achievement untuk best improvement project di kategori Manufaktur, Pelayanan dan Jasa, serta Energi, Perminyakan dan Pertambangan.

Kompetisi proyek improvement yang dibuka sejak bulan September 2012 lalu berhasil menarik 60 judul proyek dari seluruh kategori yang diperlombakan. Dari 60 judul tersebut, disaring 15 judul terbaik dari masing-masing kategori sebagai finalis yang diwajibkan untuk mempresentasikan proyek mereka di hadapan dewan juri. Para juri yang terdiri atas Dr. Akhmad Hidayatno dari Universitas Indonesia dan Dr. Dion Dewa Barata dari Kalbis Institute, memutuskan 9 pemenang dari 3 kategori sebagai peraih penghargaan Gold, Silver, dan Bronze.

The Winners!

Sembilan proyek terbaik, yaitu tiga proyek dari setiap kategori (Manufaktur, Perminyakan dan Pelayanan, serta Pelayanan dan Jasa), telah terpilih untuk menerima Gold, Silver, dan Bronze Achievement Award pada Operational Excellence Conference & Award 2012, yang diumumkan di Hotel J.W. Marriott, 27 November lalu. Kesembilan pemenang tersebut adalah:

Best improvement project untuk kategori Manufaktur

Gold Achievement – jatuh kepada:

Lucia Tutut Widiati dari PT. Dynaplast, Tbk. dengan proyek yang berjudul: Improving Productivity up 10% for Blow Product.

Silver Achievement – jatuh kepada:

Edi Mulyadi dari PT. Frina Lestari Nusantara dengan proyek yang berjudul: Improving Order Fulfillment.

Bronze Achievement – jatuh kepada:

Baca juga  Industri Tekstil, Pakaian Jadi, dan Alas Kaki Semakin Ekspansif

Heru Pujo Susanto dari PT. Gloster Furniture Indonesia dengan proyek yang berjudul: Improving Metal Manufacturing Efficiency.

Best improvement project untuk kategori Pelayanan dan Jasa

Gold Achievement – jatuh kepada:

Vendri Iskar dari PT. Adi Sarana Armada, Tbk. (ASSA Rent) dengan proyek yang berjudul: Improving Solution Center

Silver Achievement – jatuh kepada:

Candra Syofyan dari PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. dengan proyek yang berjudul: Improving Productivity Department RAOS

Bronze Achievement – jatuh kepada:

Radius Arbian dari PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk. dengan proyek yang berjudul: Improving TAT for Solusi Emas Syariah.

Best improvement project untuk kategori Energi, Perminyakan dan Pertambangan

Gold Achievement – jatuh kepada:

Sumanto dari PT. Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Unit Pembangkit Paiton dengan proyek yang berjudul: Reduction of Coal Consumption for PLTU Paiton.

Silver Achievement – jatuh kepada:

Hary Setyawan dari PT. Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Unit Pembangkit Gresik dengan proyek yang berjudul: Reduction of Net Plant Heat Rate for PLTU Gresik.

Bronze Achievement – jatuh kepada:

Augustinus Harjanto dari Padang Karunia Group dengan proyek yang berjudul: Reduction of Stripping Ratio for Mining Optimization.

Para pemenang kompetisi proyek perbaikan terbaik menerima plakat, piagam penghargaan, dan hadiah uang tunai yang dipersembahkan oleh PT SSCX International dan Majalah Shift Indonesia.

Selamat kepada para pemenang kompetisi Opex Award 2012!

Bagi anda yang belum sempat untuk mendaftarkan proyek perbaikan yang pernah dijalankan di perusahaan, atau yang belum beruntung untuk lolos ke penjurian final, nantikan pembukaan kompetisi best improvement project pada event Operational Excellence Conference and Award di tahun 2013 mendatang!