indosat ideabox aplikasi startup

Indosat baru-baru ini mengumumkan program terbarunya yaitu inkubator startup, yang rencananya akan mulai beroperasi pada Oktober 2013. Program ini, disebut IdeaBox, akan menjaring aplikasi startup binaan melalui mitranya, Jakarta Founder Institute, serta ajang kontes lain yang akan diadakan.

Sebelumnya, Indosat telah menyelenggarakan ajang kompetisi inovasi seperti Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC). Dalam program IdeaBox sendiri, tiga hingga lima aplikasi startup akan dibina dalam jangka waktu enam bulan. Dalam jangka waktu tersebut, startup diharapkan mampu berkembang dan menjadi bisnis yang mandiri. Indosat sendiri memiliki target pembinaan 30-40 startup dalam lima tahun mendatang.

“Kami akan memberikan pendanaan sebesar US$ 50.000 dan sejumlah fasilitas seperti perangkat komputer berikut internet, serta networking di dunia profesional. Sehingga total pendanaan yang dikeluarkan untuk satu startup mencapai US$ 100.000, (di mana) seluruh dana ini berasal dari internal perusahaan,” jelas Tauseef Riaz, Chief Digital Program Advisor Indosat.

Indosat berharap, startup yang mereka bina akan membantu mengembangkan produk VAS dari operator telekomunikasi seluler tersebut, seperti e-wallet Dompetku. Aplikasi startup binaan akan terikat kontrak eksklusif selama satu tahun dengan Indosat, namun lepas satu tahun, mereka boleh menjalin kerjasama dengan operator lain bila menghendaki.

“Indosat percaya terdapat peluang besar pada pada aplikasi lokal seperti layanan keuangan, perdagangan dan hiburan, ditambah dengan fakta bahwa pengguna smartphone akan meningkat menjadi 30% dalam beberapa tahun kedepan. Indosat melihat peluang ini dan berharap para developer dapat mengembangkan berbagai aplikasi sesuai kebutuhan pasar,” kata Indar Atmanto, Chief Corporate Services Indosat dalam sebuah siaran pers.

Menariknya, Indosat juga tengah menggodok rencana untuk meluncurkan dana venturanya sendiri untuk memberikan pendanaan tahap lanjutan bagi para startup IdeaBox. Opsi lain adalah mencari partner ventura untuk membantu pendanaan di tahap selanjutnya.

Baca juga  DAPATKAN RECAP OPEXCON23 DI MAJALAH SHIFT INDONESIA

Registrasi IdeaBox akan dibuka pada bulan Oktober 2013. Informasi mendetil mengenai program dan cara mendaftar akan segera dipublikasikan.***

 

Sumber: Techinasia.com, Dailysocial.net.

Gambar: (c) Shutterstock.