Metode DMAIC bisa menjadi inspirasi perbaikan di setiap sisi kehidupan. Ya, seperti kita ketahui bersama DMAIC adalah metodologi problem solving yang terstruktur. Pendekatan ini sudah teruji dan terbukti sebagai solusi perbaikan yang berkelanjutan, menariknya tidak hanya di area operasional perusahaan tetapi juga sisi-sisi lain kehidupan kita. Salah satunya yaitu untuk mengatasi masalah berat badan. Loh, tidak percaya? yuk kita simak kisah Agnes Oon, praktisi Continuos Improvement berikut ini.

Awalnya Agnes ingin menguji coba pendekatan DMAIC untuk memastikan efektivitasnya dalam menjamin keberlanjutan sebuah solusi perbaikan, ia pun mencoba menerapkan metode ini untuk menyelesaikan masalah berat badannya. “Well, saya telah bertahun-tahun mengajar Lean. Tapi, ketika bercermin, saya menyadari, I’m not Lean at all! I’ve got to be Lean, dan saya pun memutuskan untuk menjadi Lean dengan menggunakan metode Lean,” ungkapnya saat itu.

Sebelum menjalankan program diet, Agnes telah mengalami masalah berat badan selama dua dekade. Masalah berat badan telah membuahkan masalah kesehatan, dan Ia pun memutuskan untuk membuat perubahan dengan menggunakan metode diet DMAIC. Metode tersebut terbukti efektif, Ia berhasil menurunkan 16 kilogram berat badan. Berikut adalah paparan singkat olehnya:

Define – Apa Masalahnya?

“Masalah obesitas saya menyebabkan penurunan stamina dan kesehatan. Lutut saya membengkak, dan seringkali saya merasa sangat lelah dan sulit bernapas ketika menaiki tangga”.

Measure – Seberapa Besar Masalahnya?

“Berat awal saya adalah 65 kilogram. Saya harus menurunkan setidaknya 15 kilogram untuk mencapai berat ideal 43 – 50 kilogram. Lingkar pinggang saya saat itu 90 sentimeter.”

Analyze – Apa yang Menyebabkan Masalah?

“Saya punya kebiasaan menghabiskan semua sisa makanan. Menurut ajaran ibu saya, menyisakan dan membuang makanan itu sangat tidak baik, dan ajaran beliau selalu terpatri dalam diri saya hingga dewasa. Saya menghabiskan semua makanan di piring saya, dan juga menghabiskan semua makanan di piring anak-anak saya ketika mereka masih kecil.”

Baca juga  Continuous Improvement, Strategi Tepat Mendulang Selamat

Improve – Bagaimana Menyelesaikan Masalah Tersebut?

“Saya telah diperkenalkan kepada program manajemen berat badan holistik yang mengatur pola makan, pola latihan, dan suplementasi. Saya juga belajar tentang nutrisi dan efek-efek obesitas.”

Control – Bagaimana Membuat Hasil Perbaikan Bertahan Lama?

“Selama tiga bulan dalam fase Control, saya selalu memilih makanan sehat. Agar tidak kembali mendatangkan masalah, saya terus menjaga diet kaya buah, sayuran dan protein, juga suplemen. Saya berhasil mempertahankan penurunan berat badan sebanyak 16 kilogram dan penyusutan lingkar pinggang sebesar 15 sentimeter.”

Singkatnya, “melalui suplementasi, pelatihan dan pengawasan yang tepat, saya berhasill memperoleh kembali kesehatan dan stamina yang prima, dan mampu mengarahkan orang lain untuk melakukan hal yang sama. Bagi saya, kebiasaan kita telah menjadi bagian dari diri kita dan keputusan untuk memasukkan apapun kedalam mulut seharusnya menjadi milik kita seutuhnya. Semua orang bisa saja memberi saya semua jenis makanan, tapi mereka takkan bisa membuat saya memakannya tanpa izin dari diri saya sendiri.”

“Keberhasilan saya menurunkan dan mempertahankan berat badan memudahkan saya untuk menjelaskan efektifitas dari DMAIC.” DMAIC merupakan metodologi Lean yang telah terbukti efektif dalam membantu kita menghilangkan waste, sehingga inisiatif improvement akan lebih sustainable. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi kita untuk mempengaruhi dan meyakinkan para stakeholder dan diri kita sendiri bahwa perubahan adalah sesuatu yang penting.

Excellent people, perubahan tidak akan dapat terjadi jika kita tidak terlebih dahulu mengubah kebiasaan. Kebiasaan tidak akan berubah jika kita tidak mengubah pola pikir. Pola pikir kita tidak akan berubah jika kita tidak merasakan pentingnya melakukan perubahan. Perubahan dimulai dari hati, lalu bergerak ke kepala, dan yang lainnya akan segera mengikuti. Salam improvement!

Baca juga  Inspirasi untuk Menemani Hari Anda

Artikel ini dikutip shiftindonesia.com dari Majalah SHIFT Edisi 4 2021 Edisi Khusus Kilas Balik OPEXCON. Anda bisa mendapat kisah menarik lainnya secara gratis dengan mengunduh majalah SHIFT Indonesia di https://bit.ly/SHIFT2021EDISI-IV