improvement minitab statistik SHIFT SSCX

Terkadang, Anda menyadari bahwa proses yang selama ini Anda lakukan bukanlah proses terbaik untuk bisa memuaskan pelanggan. Dan untungnya, setelah beberapa kali Anda melakukan upaya perbaikan, akhirnya Anda berhasil menemukan cara yang tepat. Inilah saatnya untuk ‘pamer’ keberhasilan Anda pada atasan.

Untuk bisa mendapatkan apresiasi dari atasan, Anda memerlukan data statistik agar atasan Anda juga bisa melihat bagaimana proses perbaikan tersebut berlangsung. Dan satu hal yang perlu diingat sebelum memulainya adalah apakah atasan Anda cukup akrab dengan data statistik? Jika tidak, maka Anda harus menjelaskannya dengan alat bantu visual yang mudah dipahami.

Bagaimana caranya?

Mulailah dengan analisa kemampuan proses before-and-after.

Analisa process capability before-and-after mengevaluasi seberapa baik proses dapat memenuhi serangkaian persyaratan yang ditetapkan oleh batas spesifikasi.

Misalnya, produsen mesin fotokopi mengharuskan lebar roller karet harus antara 32,523 cm dan 32,527 cm untuk menghindari terjadinya kertas macet. Analisa capabilty mengungkapkan seberapa baik proses manufaktur memenuhi spesifikasi tersebut, dan memberikan Anda pengetahuan bagaimana meningkatkan proses tersebut.

Tunjukkan kinerja dari proses before-and-after

Sebagai contoh, sekelompok engineer menggunakan Minitab, dengan memanfaatkan fitur Assistant untuk membuat diagram kontrol dan melakukan analisa process capability, mereka bisa menilai proses dan membuktikan bahwa mereka mampu melakukan perbaikan proses.

Menilai process capability before-and-after dari sebuah perbaikan proses dapat menjadi cara yang berharga dan mudah untuk membuktikan bagaimana perbaikan dapat dilakukan. Tapi, sebelum menilai kemampuan dari proses yang sedang berlangsung, Anda terlebih dahulu harus memastikan bahwa proses Anda saat ini stabil.

Gunakan process capability untuk menilai sebuah proses

Dalam proses ini, operator ekstrusi berfungsi untuk memverifikasi proses yang berjalan saat ini dengan menentukan spesifikasi batas atas dan batas bawah. Misal, target nillai 20, maka spesifikasi batas rendah berada di 17,5 dan batas atas 22,5. Untuk mengumpulkan data yang nantinya akan dianalisa, operator secara acak memilih tiga bagian ekstruksi secara berkala dan mencatat setiap bagian yang paling sulit dilakukan.

Baca juga  Ragam Manfaat dari OPEXCON Project Competition 2024

m1

Para engineer kemudian menggunakan analisis process capability (jika menggunakan Minitab, Anda bisa memilih tombol Stat > Quality Tools Capabality Sixpack > Normal) untuk mengevaluasi process capability manufaktur dalam memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut.

m2

Grafik kontrol di atas mengungkapkan proses yang stabil, dengan semua titik yang berada dalam batas kontrol. Namun, histogram menunjukkan bahwa banyak pengukuran jatuh di luar batas spesifikasi, dengan 73.603 bagian per juta cacat secara keseluruhan. Dengan bagian lebih yang jatuh di atas batas spesifikasi atas daripada di batas bawah.

Para engineer menyimpulkan bahwa rata-rata proses harus bergeser atau diperbaiki. Juga, histogram menunjukkan bahwa variasi perlu dikurangi untuk mengurangi jumlah komponen yang rusak dan meningkatkan kemampuan proses.

Gunakan process capability untuk memverifikasi perbaikan

Para engineer menyesuaikan proses untuk mengurangi variasi dan memperoleh proses yang bisa mendekati angka 20. Jadi sekali lagi, operator mengumpulkan 30 bagian dengan menggunakan metode sampling yang sama, dan mengukur bagian yang sulit.

Para engineer kemudian menggunakan analisa before-and-after menggunakan fitur Assistant untuk melihat bagaimana perbaikan mereka berhasil menggeser proses dan mengurangi variasi. Di bawah ini, Anda dapat melihat bahwa fitur Assistant yang disediakan para engineer dengan interpretasi output mereka, yang juga sebagai “alat bantu visual” yang mudah dipahami untuk berbagi dengan atasan Anda.

m3

Para engineer senang melihat penyesuaian untuk proses mengurangi PPM dari 73.603 sampai 2.681 – yang artinya ada pengurangan 96% dari spesifikasi dan proses yang bergeser dari 20.820 ke 20.037. Dengan demikian, data statistik yang menunjukkan bagaimana sebuah proses bisa diperbaiki juga bisa ditampilkan dengan alat bantu visual yang mudah dipahami, dan Anda bisa menunjukkannya kepada atasan.***

Baca juga  4 Inovasi Pengelolaan dan Pengembangan Sumber Daya Air Berkelanjutan yang Tampil di Ajang WWF

Memiliki pertanyaan mengenai Minitab? silahkan hubungi kami: craharta@minitab.com.au

Fearless Data Analysis