Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di tahun 2021 berfokus pada dukungan pemulihan ekonomi nasional. Belanja negara untuk mendukung pemulihan ekonomi difokuskan pada lima sektor yaitu Perlindungan Sosial, Kesehatan, Insentif Usaha, Program Prioritas dan yang menjadi game changer adalah Dukungan UMKM dan Korporasi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu, ketika mewakili Menteri Keuangan memberikan keynote speech secara virtual dalam acara Thee Kian Wie Lecture Series, kegiatan tahunan yang digelar oleh Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada Kamis (29/04). Thee Kian Wie merupakan pakar ekonomi, khususnya dalam bidang sejarah ekonomi dan perkembangan industri, yang disegani baik di tingkat nasional maupun internasional.

Febrio mengungkapkan Indonesia sudah memiliki pengalaman dan kebiasaan sangat baik dalam menghadapi setiap krisis yang bahkan selalu disertai dengan reformasi pasca krisis. Seperti reformasi struktural ekonomi melalui Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang harus diakselerasi dan dijaga komitmennya bersama-sama.

Baca juga  OPEXCON Project Competition 2021 Registration is Now Open!