Dalam bisnis memperhatikan detail adalah fondasi kesuksesan, sementara komitmen terhadap keunggulan dan menghargai kreativitas merupakan kunci untuk mencapai produktivitas yang berkelanjutan. Setuju?

Sebagai pemimpin bisnis atau individu yang ingin meraih kesuksesan, penting bagi kita memahami dan menerapkan prinsip-prinsip ini dalam setiap aspek operasi kita. Dengan demikian, kita dapat menciptakan lingkungan kerja yang produktif, inovatif, dan berorientasi pada keunggulan.

Ya, kesuksesan tidak pernah terjadi secara kebetulan. Sebaliknya, itu adalah hasil dari komitmen terhadap keunggulan, perencanaan yang cerdas, dan usaha yang terfokus. Pendiri Marriott International, J. Williard Marriot Sr., memahami dengan baik bahwa keberhasilan tidak hanya berasal dari upaya besar, tetapi juga dari perhatian pada detail kecil. Ia pernah mengungkapkan, “It’s the little things that make the big things possible. Only close attention to the fine details of any operation (systems) makes the operation first class.”

Kutipan ini menggarisbawahi pentingnya fokus pada detail dalam setiap aspek operasi bisnis. Meskipun tampak sepele, perhatian pada detail memungkinkan operasi menjadi lebih efisien, efektif, dan berkualitas tinggi. Dalam konteks ini, perusahaan yang berkomitmen untuk mencapai keunggulan harus mendedikasikan diri untuk memperhatikan setiap aspek dari operasi mereka. Ini seakan mengingatkan benar bahwa selalu ada peluang untuk melakukan improvement jika kita benar-benar ingin melakukannya. Hal ini tentunya berlaku untuk segala jenis bisnis, mulai dari industri perhotelan hingga manufaktur.

Namun, perhatian pada detail saja tidak cukup untuk mencapai kesuksesan. Paul J. Meyer, seorang pengusaha sukses, menekankan bahwa produktivitas bukanlah suatu kebetulan. Sebaliknya, itu adalah hasil dari komitmen terhadap keunggulan dan usaha yang terfokus. Dalam setiap langkah yang diambil, fokus harus diberikan pada peningkatan kualitas dan efisiensi, serta pada pemahaman yang mendalam tentang tujuan akhir yang ingin dicapai. Ini tertuang dalam kutipan terkenalnya, “Productivity is never an accident. It is always the result of a commitment to excellence, intelligent planning, and focused effort.”

Berpikir kritis tentang cara untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas juga menjadi kunci dalam pencapaian keberhasilan. Taiichi Ohno, salah satu tokoh di balik kesuksesan Toyota, menyoroti pentingnya mengubah cara kita memandang pekerjaan. Menurutnya, mengapa tidak membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan menarik sehingga orang bisa lebih bersemangat? Ia pun kemudian menginisiasi pendekatan Toyota Production System (TPS) yang mendukung kreativitas karyawan dengan mendesain sistem yang responsif dan fleksibel.

Baca juga  The Power of Daily Improvement

Pendekatan TPS berhasil mengubah paradigma yang ada sebelumnya. Di Toyota, karyawan tidak hanya diperintahkan untuk bekerja, tetapi juga didorong untuk berkontribusi dengan ide-ide baru dan inovatif. Mereka diarahkan pada upaya inovasi dan peningkatan terus-menerus dalam proses kerja. Hasilnya Toyota pun berhasil menjadi salah satu raksasa otomotif, dan TPS pun menjadi sistem manufaktur yang mendunia, menjadi sumber inspirasi bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi, kualitas, dan daya saing mereka.

SHIFT Indonesia selain menyajikan artikel web juga menyajikan insight melalui majalah dan video. Unduh majalah terbaru SHIFT Indonesia di https://bit.ly/SHIFTIndonesiaEdisi01. Tonton video Youtube terbaru dari SHIFT Indonesia di https://www.youtube.com/watch?v=JHfsuV5UIJ0

Kamu juga bisa bergabung di FREE Webinar “Project Selection”, 16 Maret 2024 dengan mendaftar melalui https://bit.ly/WEBINARSeries02-160524.