Senin adalah hari yang tepat untuk meninjau dan menyusun penjadwalan dan perencanaan. Baik penjadwalan maupun perencanaan merupakan hal penting untuk menjaga agar perusahaan Anda tetap teratur dan fokus pada tujuan jangka panjang, dengan terus mengejar peluang yang ada. Namun jika Anda berpikir menetapkan penjadwalan adalah hal kecil yang bisa dilewatkan, well, Anda rugi besar. Mengapa?

Dalam situs The Lifetime Reliability Solutions disebutkan bahwa sekitar 90% pekerjaan profesional dapat direncanakan, dan pekerjaan yang direncanakan bisa sampai sembilan kali lebih efektif dan menggunakan dana yang lebih kecil daripada pekerjaan yang tidak mengikuti rencana. Nah, sangat signifikan, bukan?

Beda Perencanaan dengan Penjadwalan
Perencanaan dan penjadwalan memang berjalan bersama. Namun bedanya, perencanaan melibatkan penentuan tujuan apa yang akan Anda capai, dan jalur apa yang akan Anda ambil untuk menjangkau dan menarik pelanggan. Di sini, Anda dan mitra bisnis dapat merencanakan unit atau departemen mana yang dibutuhkan perusahaan Anda dan upaya pemasaran mana yang paling efektif.

Sementara penjadwalan adalah bagaimana Anda menentukan kapan rencana tersebut akan dicapai. Misalnya, jika bisnis Anda akan dibuka dalam enam bulan ke depan, Anda harus membuat dan merencanakan jadwal yang tepat agar promosi Anda tepat sasaran. Membuat halaman pada jejaring sosial yang memungkinkan pelanggan potensial mengetahui tentang perencanaan bisnis terbaru Anda, misalnya, atau kapan tim Anda dapat membagikan contoh produk atau brosur dalam acara pameran atau di tempat-tempat umum.

Menghemat Biaya dan Waktu
Ini dia pentingnya. Perencanaan bisnis yang matang dan jadwal yang disusun dengan baik, tentu dapat membantu menekan biaya perusahaan. Ketika Anda merencanakan elemen strategi pemasaran kepada publik yang sesuai dengan target sasaran, hal ini akan mengurangi upaya sia-sia Anda untuk memasarkan produk kepada orang-orang yang tidak potensial untuk mungkin membeli produk Anda. Anda juga dapat mengambil keuntungan dari kebijakan beberapa perusahaan iklan yang menawarkan promosi harga khusus jika Anda mempresentasikan jadwal pemasaran Anda lebih awal.

Baca juga  Ukur Kualitas Improvementmu di OPEXCON, Pendaftaran Sudah Dibuka!

Menurut situs Lifehack, perencanaan yang tepat memudahkan dengan mengurangi kemungkinan akan menghadapi tantangan tak terduga yang tidak siap. Rencana yang bagus juga telah mencakup solusi-solusi menghadapi rintangan yang mungkin terjadi, jadi tidak perlu menghabiskan waktu berharga Anda. Ketika semua orang menyadari bagaimana pekerjaannya sesuai dengan rencana dan jadwal bisnis, kemungkinan tim Anda akan mematuhi tenggat waktu sehingga perusahaan Anda dapat terus bergerak maju.

Sub-sub Perencanaan dan Jadwal
Ya, selain menetapkan rencana dan jadwal keseluruhan, penting juga untuk membuat “anak-anak” rencana dan jadwal yang lebih kecil untuk masing-masing departemen. Tim penjualan harus tahu kapan tujuan tertentu harus dipenuhi untuk bulan atau kuartal; tim pemasaran harus mengetahui kapan harus mengirimkan siaran pers atau buletin perusahaan.

Tim yang bertugas memesan persediaan perlu mengetahui kapan pesanan harus ditempatkan, begitu juga saat menjual barang yang tidak bergerak seperti yang direncanakan. Dengan demikian seluruh Tim telah memiliki tenggat waktunya masing-masing untuk memenuhi target yang telah direncanakan perusahaan.

Solusi untuk Perbaikan
Tentu saja pada akhirnya, perencanaan dan penjadwalan berujung pada solusi untuk perbaikan. Anda dapat membuat kalender online yang dapat diakses oleh semua karyawan. Isi kalender dengan deadline. Programkan kalender untuk mengirimkan pengingat kepada karyawan sehingga dokumen, proposal dan sasaran dapat selesai dengan tepat waktu. Anda juga bisa mengajak karyawan Anda untuk menyimpan kalender pribadi mereka sendiri.

Jadwalkan pertemuan tindak lanjut untuk mempertahankan tim Anda dalam tugas. Selama pertemuan, masing-masing tim diharapkan dapat mempresentasikan dan mengevaluasi hasil pekerjaan yang telah mereka lakukan, sehingga setiap orang memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan jangka pendek dan jangka panjang perusahaan.

Baca juga  Dua Hal Esensial untuk Menciptakan Perubahan

Bagaimana? Siap memulai awal minggu dengan perencanaan dan penjadwalan yang matang?